Azyumardi Azra Wafat, Prof. Zainal : Kita Kehilangan Cendekiawan Muslim Internasional

oleh -
Almarhum Azyumardi Azra

PALU – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu,Sulawesi Tengah (Sulteng) Prof. Zainal Abidin, menyampaikan dukacita mendalam atas wafatnya Ketua Dewan Pers, Azuymardi Azra atau dikenal sebagai Cendekiwan Muslim Internasional, di Malaysia, Ahad (18/9).

“Innalillahi wa ina ilaihi raajiun, kami menyampaikan duka cita mendalam dan sangat kehilangan cedekiawan muslim internasional” ungkap Prof Zainal Abidin saat dihubungi, Ahad (18/9) malam.

Prof. Zainal mengungkapkan sosok almarhum sangat rendah hati. Santun dan baik meski terbilang sangat senior. Hal itu terbukti ketika dalam satu forum di kongres umat islam belum lama ini. Blio kata prof Zainal sempat menyapa dirinya di forum tersebut.

“Blio memiliki kepribadian yang sangat rendah hati. Memperjuangkan kepentingan rakyat sekaligus pejuang demokrasi,” katanya.

Ketua FKUB Sulawesi Tengah itu mengenang peran almarhum cukup besar dalam mendukung peralihan status dari STAIN Datokarama Palu ke IAIN Palu. Dan yang paling menonjol kata prof Zainal yakni, pemikiran bagaimana umat menjadi maju, keluar dari kemiskinan dan berperan disemua sektor.

“Pejuang kerukunan umat beragama dan kebebasan berpendapat. Guru besar sejarah dan kebudayaan islam Uin Syarif Hidayatullah, blio sangat lugas dan tegas dalam berucap dan bertindak” singkatnya.

Reporter : Nanang IP
Editor : Yamin