Anak Binaan LPKA Palu Dibiasakan Baca Surah Al-Kahfi Setiap Malam Jumat

oleh -
FOTO: HUMAS LPKA PALU

PALU – Dalam rangka menhidupkan sunnah, seluruh anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu dibiasakan membaca Surah Al-Kahfi setiap malam Jum’at.

Dengan pendampingan dan pola pengasuhan yang diberikan, seluruh anak binaan atau Anak Berhadapan Hukum (ABH) di LPKA Kelas II Palu yang beragama Islam, menunaikan Sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW).

Hal itu merupakan kebiasaan positif yang akan terus diupayakan agar dapat melembutkan hati serta berdampak baik bagi setiap sendi kehidupan para anak binaan.

Ansari Maulana selaku Staf Pembinaan di LPKA Palu yang mendampingi seluruh ABH saat itu, menyebutkan, dengan kebiasaan tersebut, seluruh anak juga diberikan pemahaman terkait keutamaan membaca surah Al-Kahfi yang dapat menguatkan keimanan serta akan mendapatkan pengampunan dosa di antara Jum’at.

“Dengan keterlibatan berbagai pihak, kita akan bersama-sama dengan seluruh anak untuk senantiasa belajar setiap harinya dan hal yang harus dilakukan adalah mendalami ilmu-ilmu agama yang mereka imani dengan sebaik-baiknya,” jelas Ansari, Kamis (05/01) malam.

Ansari berharap agar seluruh anak dapat membiasakan kebiasaan positif tersebut hingga mereka dinyatakan resmi bebas dari masa pembinaannya serta dapat turut membangun daerah dan bermanfaat bagi seluruh manusia.

“Tentunya mereka kami harapkan tidak lagi menghabiskan masa mudanya dengan penuh kesia-siaan. Mereka harus bisa mandiri dan berubah menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Untuk memaksimalkan pembinaan kepada seluruh anak, LPKA Kelas II Palu yang saat ini dipimpin Revanda Bangun juga terus berupaya menghadirkan berbagai program untuk kemandirian maupun kepribadian.

Saat ini, total 34 Perjanjian Kerja Sama telah terjalin untuk mengoptimalkan pelaksanaan program yang ada. Hasilnya cukup baik karena menuai berbagai prestasi serta berdampak baik bagi perubahan sikap dan perilaku setiap anak binaan. */RIFAY