Amil Zakat Berperan Penting, Mesti Didukung SDM Memadai

oleh -53 Kali Dilihat
Workshop SKKNI bagi amin zakat se Sulawesi Tengah, di auditorium Hotel Santika, Kamis (30/09). FOTO: HADY

PALU – Amil zakat memiliki peran yang sangat penting dalam tugas dan tanggung jawabnya. Sehingga amil yang benar-benar maksimal mesti didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

Itulah yang disampaikan Kepala Seksi Pengelolaan Wakaf dan Zakat Kemenag Sulteng H. Umar M. Godal, mewakili Plt Kanwil Kantor Agama Sulteng H. Mukhlis, saat menutup workshop SKKNI bagi amin zakat se Sulawesi Tengah, di Auditorium Hotel Santika Palu, Kamis (30/09).

Selain itu kata Umar, bahan yang disampaikan pemateri sejak awal sampai akhir benar-benar perlu dipahami. Sebab itu nantinya dapat diimplementasikan ke daerah masing-masing, karena persoalan zakat sangatlah penting. Namun di tengah-tengah masyarakat, masih ada yang belum memahaminya secara menyeluruh.

“Olehnya materi yang sudah kita peroleh dapat disampaikan ke masyarakat, agar zakat yang merupakan salah satu rukun Islam dapat dilaksanakan,” jarinya.

Dirinya juga menitipkan, untuk memberikan perhatian pada pegawai syara atau marbut masjid, agar BAZNAS dapat mendampingi untuk mendapatkan jaminan sosial. Sehingga para pegawai syara ini, benar-benar terlindungi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Mereka juga ini sebagai Amil terdepan di masyarakat, dan memiliki tugas yang cukup besar di tengah tengah masyarakat, akan tetapi apa yang mereka peroleh tidak sesuai. Olehnya BAZNAS memiliki peran dan berikan mereka jaminan sosial seperti, jaminan hari tua maupun jaminan kesehatan melalui BPJS,” tandasnya.

Sekali, pesan Umar yang juga ketua panitia workshop SKKNI ini, agar BAZNAS tetap berjalan sesuai dengan tujuannya dan tidak putus-putusnya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Reporter: Hady/Editor: Nanang