40 Kepala Madrasah Swasta di Parimo Ikuti Penguatan Kompetensi

oleh -67 Kali Dilihat
Kepala Kemenag Parimo, Muslimin. (FOTO : media.alkhairaat.id/ Mawan)

PARIMO – 40 Kepala Madrasah swasta di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti pelatihan penguatan kompetensi.

Kegiatan yang pertama kali di Parimo itu, dilaksanakan Balai Diklat keagamaan Manado, bekerjasama dengan Balai Diklat pusat.

Kepala Kementerian agama (Kemenag) Parimo, Muslimin mengatakan, penguatan kompetensi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepala madrasah, yang patut diberikan muatan-muatan kepada kepsek.

“Madrasah swasta kami akui memliki keterbatasan, serba kekurangan baik secara fisik sangat prihatin dan itu sebuah kenyataan,” ungkapnya, ditemui Senin (06/09).

Ia mengungkapkan, meskipun status madrasah itu swasta, namun pihaknya menginginkan sekolah tersebut dapat menciptakan siswa-siswi berkualitas secara akademik dan ekstrakurikuler.

Terbukti, beberapa event-event kompetensi tingkat madrasah, justru madrasah ini yang siswanya sampai masuk ketingkat provinsi.

“Maka dalam penguatan ini, kami kembali memberikan spirit lagi kepada mereka dalam hal pembinaan serta menahkodai, sehingga dalam kemampuan manajerial,” jelasnya.

Ia mengaku, dari jumlah peserta yang mengikuti ini masih ada kurang lebih 100 kepala madrasyah lagi yang belum mengikuti, karena keterbatasan jumlah yang bisa diakomodir badan Diklat manado.

“Peserta yang ikut ini adalah mereka yang jarang ikut Diklat seperti ini,” terangnya.

Ia menambahkan, kedepan pihaknya akan melaksanakan Diklat kerjasama yang akan diinisiasi oleh ASN atau guru-guru.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin