Ustad, Jadikan Bencana Semangat Kembali Kejalan Yang Benar

oleh

PALU- Bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang terjadi di Sulawesi Tengah yakni Kota Palu, Sigi dan Donggala menimbulkan ribuan korban jiwa dan harta benda, hendaknya dijadikan semangat kembali ke jalan yang benar.

” Musibah itu buruk tapi ada hikmah di balik musibah tersebut dan kita tidak tahu. Yang jelas disebut Allah agar kalian kembali ke jalan Allah,” demikian tausyiah disampaikan Ustad, Ismail Yusanto dihadapan jamaah masjid Raya Baiturahim Lolu, Selasa, (3/10).

Ismail Yusanto selaku pembina # Islam Selamatkan Negeri mengatakan, musibah terjadi diluar kendali kita sebagai manusia, Ilmu pengetahuan yang kita miliki terbatas. Satu hal yang diminta semua yang terjadi harus kita hadapi dengan ridho dan sabar.

Sebab kata dia, semua atas kehendak-Nya, dengan kesadaran tauhid kita katakan Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, semua kembali kepada zat-Nya.

Jadi apapun segala bentuk musibah kata dia, kita kembalikan Innalilahi Wainna Ilaihi rajiun, hal ini guna menumbuhkan semangat tauhid dalam diri pribadi setiap muslim.

Segala sesuatu terjadi pasti ada hikmah besar bisa kita petik, seperti salahsatu kejadian terjadi pada seorang pengusaha asal Singapura yang diundang makan siang oleh salahsatu kolega bisnisnya diJakarta.

Dimana kata dia, dalam undangan makan siang tersebut, molor dari jadwal telah disepakati, menyebabkan pengusaha ketika balik, jalan di Jakarta macet dan ketinggalan pesawat.

Sehingga dengan sedikit muka mesem dan menggurutu menyalahkan kolega bisnisnya. Akhirnya pengusaha tersebut naik pesawat berikutnya dan tiba dengan selamat dinegaranya.

Namun kata dia, setiba dinegaranya, pen gusaha itu mendapat informasi, bahwa pesawat akan ditumpangi sebelumnya mengalami kecelakaan jatuh di Palembang menyebabkan semua penumpang meninggal dunia.

Inilah hikmah besar bisa kita petik, bahwa sesuatu yang baik menurut kita , belum tentu bagi Allah SWT, begitupun sebaliknya.

Untuk itu kata dia, musibah terjadi ini bisa menjadi semangat masyarakat Sulteng untuk kembali kejalan yang benar.

Bila sebelumnya kata dia, ada perjudian, riba dan maksiat lainya segera ditinggalkan, semua instrkpeksi diri memperbaiki diri untuk menjadi insan yang bertakwa jauh dari segala bentuk maksiat dan kesyirikan.

Sebagaimana janji Allah SWT, bila dalam suatu wilayah penduduknya beriman dan bertaqwa maka Alllah SWT akan menurunkan rahmat dan keberkahan.

Begitupun sebaliknya bila dalam satu wilayah banyak kemaksiatan maka telah mengundang dàn menghalalkan azab Allah SWT akan turun menimpa.

” tidak ada orang yang tidak salah, inilah jadi spirit bagi masyakat sulteng kembali ke jalan yg benar, semua maksiat segera ditingalkan, ” imbuhnya.

Sekadar diketahui # Islam selamatkan Negeri membuka Posko di Masjd Raya Baiturahim Lolu , mereka memiliki relawan-relawan dengan tugasnya masing- masing , selain mendistribusikan bantuan logistik, ada relawan mengajarkan mengaji bagi anak-anak pengungsi.

Salahsatunya, hampir saban setiap harinya secara bergantian s usai sholat lima waktu secara bergantian ustad – ustad relawan # Islam Selamatkan Negeri memberikan tausyiah di Masjid Raya Baiturahim Lolu. (IKRAM)

loading...