TNI Santuni Anak Yatim

oleh
Prof Dr H Zainal Abidin saat membawakan hikmah Ramadhan dalam kegiatan buka puasa bersama di Asrama Korem 132 Tadulako Palu, Ahad (18/06). (FOTO: IST)

PALU – Ratusan personil Korem 132 Tadulako dan Kodim 1306 Donggala mengikuti buka puasa bersama di Masjid An Nikmah, Asrama Korem 132 Tadulako, Jalan Juanda, Palu, Ahad (18/06).

Buka puasa bersama ini juga dirangkaikan dengan pemberian santunan kepada 40 anak yatim piatu dari Panti Asuhan Nurul Falah.

Komandan Korem 132 Tadulako, Kolonel Inf Muh Saleh Mustafa, menyampaikan, kegiatan buka puasa bersama yang digelar ini memiliki banyak makna dan dimensi, antara lain keagamaan.

“Dimana dalam dimensi ini, sebagai hamba ciptaan-Nya, manusia wajib melaksanakannya ajaran agama yang diyakininya,” katanya.

Dimensi selanjutnya, kata Danrem yakni dimensi sosial.Melalui dimensi tersebut, kaum muslim bersilaturahmi dan saling berjabat tangan erat, saling tegur sapa dgn mesra saling mengucapkan salam dgn hati yang damai.

“Dimensi terakhir yakni pembina dalam kontes pembina. Maka melalui kegiatan buka puasa bersama seperti ini, secara langsung atau tidak langsung terkandung muatan pembinaan satuan,” terangnya.

Sementara Prof Dr Zainal Abidin yang hadir membawakan hikmah Ramadhan, menyampaikan, buka puasa bersama yang dirangkaikan hikmah ramadhan merupakan bagian dari syiar agama diantara berbagai agama.

Menurutnya pentingnya persaudaraan antara umat beragamakarena agama itu pegangan hidup semua umat manusia.

“Karena apa bila manusia tak beragama sangat mudah keluar dari akidah, dan agama itu pula sebagai sarana manusia untuk berkomunikasi dgn sang pencipta,” tekan Rektor IAIN Palu tersebut.

Kegiatan kemarin juga dihadiri Kasrem 132 Tadulako Letkol Inf Andrian Susanto, Dandim 1306 Donggala, Letkol Kav I Gede Masa serta jajaran perwira Korem dan Kodim Donggala. (SAM)