Satu Lagi Calhaj Sulteng Menghadap Ilahi

oleh
Sitti Hadija Sarindu Kapita semasa hidup. (FOTO: IST)

PALU – Kabar duka kembali datang dari Mekah. Satu calon haji (Calhaj) asal Sulteng, Sitti Hadija Sarindu Kapita mengembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan medis di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) karena penyakit jantung, Senin (21/08) pukul 22.50 Waktu Arab Saudi (WAS).
Meskipun beda wilayah, namun Sitti Hadija adalah orang kedua dari Kebupaten Tolitoli yang meninggal dunia di Mekah. Hadijah tinggal di Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan. Dia merupakan anggota Kelompok terbang (Kloter) 06 BPN.
Sementara calhaj yang mendahului Hadijah menghadap Ilahi adalah Abdul Ghani Bin Abdul Hafid Tang (69). Abdul Gani merupakan warga Dusun I Bambapun, Kecamatan Dondo, juga dari Kabupaten Tolitoli.
“Sekarang (kemarin-red) masih di tempat permandian untuk dikafani, dijalani dari jam 03.00 WAS. Sekarang menunggu waktu Shalat Zuhur baru dishalatkan di Masjidil Haram karena tadi tidak dapat waktu shalat subuh,” kata Ketua Kloter 06, Jumade, di hubungi dari Palu, Selasa (22/08).
Almarhumah dikebumikan di pemakaman umum Soraya, sekitar 20 kilometer bagian utara Mekah
Secara umum, hingga Senin (21/08), total calhaj Indonesia yang wafat di Arab Saudi sudah mencapai 66 orang. Serangan jantung dan gangguan pernapasan masih menjadi penyebab utama kematian. (YAMIN/VIVA)