KKP Palu Intenskan Penyemprotan di Kabin Pesawat

oleh
Penyemprotan di Kabin Pesawat (FOTO : IST)

PALU – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Palu mengintenskan penyemprotan desinfektan di area yang diduga menjadi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Ahad (22/03) dua hari lalu, penyemprotan dilakukan di dalam kabin pesawat Wings Air penerbangan dari Tolitoli-Palu. Sesudah melakukan penyemprotan, para penumpang yang tiba juga diperiksa menggunakan thermal scanner.

“Sesuai dengan standar dan regulasi, kami sudah melakukan kesiapsiagaan kasus ini sebelum adanya rapat tersebut, setelahnya pun kita akan semakin perketat lagi,” ujar Kepala Seksi Pengendalian Resiko Lingkungan dan Upaya Kesehatan Lintas Wilayah KKP Kelas III Palu, Gotra Saputra, di Bandar Udara Mutiara SIS Aljufri.

Menurutnya, pengetatan pengamanan kesehatan di pelabuhan wilayah Sulteng sangat diperlukan, mengingat pelabuhan ini menjadi pintu masuk maupun keluar bagi siapa saja, baik masyarakat lokal maupun asing.

Gotra menyatakan, salah satu pemeriksaan awal adalah melalui alat thermal scanner yang sudah disiagakan bersama petugas yang ada di bandara. Setiap penumpang yang baru tiba harus melewati thermal scanner untuk mengetahui suhu tubuhnya. Bila tinggi, maka petugas akan melakukan pemeriksaan lanjutan.

Menurutnya, seseorang menjadi terduga terjangkit virus corona bila didapati 2 gejala mayor, yaitu demam disertai flu serta ada riwayat pernah ke negara terjangkit.

Gotra juga menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di Pelabuhan Pantoloan. (FALDI)