IMIP-Alkhairaat Kembangkan SLTA Sektor Pertambangan

oleh
Kunjungan rombongan Pengurus Besar Alkhairaat di pimpin oleh Habib Ali bin Muhammad Aljufri di Kantor Pusat IMIP di Jakarta, Senin (17/02). (FOTO: ANT/MUHAMMAD HAJIJI)

PALU – Perusahaan nikel raksasa, PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) bersama Alkhairaat, menjalin kerja sama dalam rangka mengembangkan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Kejuruan untuk menunjang kegiatan pertambangan dan energi sumber daya mineral di Sulawesi Tengah.

“SLTA kejuruan ini lebih pada mesin pengolahan energi sumber daya mineral,” ucap Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Alkhairaat Habib Ali Bin Muhammad Aljufri, di Jakarta, Senin.

PT. IMIP merupakan perusahaan pengelola kawasan pertambangan energi sumber daya mineral terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah yang berkantor pusat di Jakarta.

Sementara Alkhairaat merupakan pusat pendidikan Islam terbesar di kawasan timur Indonesia yang pusatnya berada di Palu.

Sebagai pendidikan Islam, Habib Ali menyebut SLTA kejuruan tersebut juga akan ada materi atau pendidikan Agama Islam.

“Pendidikan agama akan tetap ada di SLTA kejuruan itu,” sebut Habib Ali.

Kemarin, Habib Ali didampingi Sofyan Bachmid dan Presiden Komisaris PT IMIP Halim Mina didampingi Dedi Mulyadi dan Erfindo Chandra telah membahas mengenai SLTA kejuruan di Kantor Pusat IMIP Wisma Mulia, Jakarta.

Mengenai SLTA kejuruan, Habib Ali menjelaskan bahwa Alkhairaat akan berperan dalam kurikulum pendidikan termasuk menyediakan kepala sekolah. Namun untuk guru dan wakil kepala sekolah akan disediakan oleh PT IMIP. Bahkan, seluruh fasilitas dan sarana prasarana dan operasional SLTA juga akan disediakan IMIP.

“Rencananya tenaga pengajar mengenai pengembangan kejuruan, IMIP akan hadirkan guru dari Jogja,” ujarnya.

Langkah awal penerapan kurikulum akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2020 ini. Hal itu karena, SLTA kejuruan itu merupakan SMK yang telah ada di Alkhairaat. (RIFAY/ANT)