DPRD Sigi Didominasi Wajah Baru

oleh
Jalannya rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan KPU Sigi di Kantor KPU Sigi, Desa Maku Kecamatan Dolo, Selasa malam. (FOTO: HADY)

SIGI – Wajah-wajah baru dipastikan bakal menghiasi gedung parlemen DPRD Sigi, periode 2019-2024 mendatang. Bahkan, PKS dan PBB yang sebelumnya tidak memiliki kursi sama sekali, kali sudah terisi, masing-masing PKS sebanyak dua kursi dan PBB satu kursi.

Sementara wajah-wajah lama, seperti Rudi Asiko (NasDem), Hafid Laturadja (NasDem) dan Yusuf Edison (NasDem), dipastikan tidak terlihat lagi mengisi kursi parlemen tersebut. Bahkan PAN yang sebelumnya memiliki kursi, justru kehilangan sama sekali pada Pemilu barusan.

Dari hasil rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan KPU Sigi di Kantor KPU Sigi, Desa Maku Kecamatan Dolo, dua malam lalu, dari lima dapil yang ada di daerah itu dengan total 30 kursi, masing-masing hanya ada dua nama lama yang bertahan. Hanya di dapil tiga yang kembali diisi satu orang petahana.

Penyerahan berita acara rapat pleno kepada perwakilan partai politik. (FOTO: HADY)

Seperti Dapil I (Kecamatan Sigi Biromaru, Tanambulava dan Gumbasa), wajah lama yang masih bertahan adalah Jamaluddin Nusu (Gerindra) dan Abdul Razak (PKB). Selebihnya diisi wajah baru seperti Sumi (PDIP), Hazizah (Golkar), Imran Latjedi (Nasdem), Dahyar (Demokrat), Abdul Rifai Arif (PKS) dan, Herman Latabe dari PBB.

Di Dapil II (Kecamatan Palolo dan Nokilalaki), yang masih bertahan adalah A. Rangan (Golkar) dan Torki Ibrahim Turra (Nasdem). Meski Torki hanya duduk seumur jagung, namun Torki sendiri pernah duduk pada periode 2014-2019. Selebihnya ada nama baru Yakob Ntango (Gerindra) dan Ikra Ibrahim (Demokrat).

Selanjutnya di Dapil III (Kecamatan Kulawi, Lindu, Kulawi Selatan dan Pipikoro), nama lama yang masih bertahan yakni Roby Tarro (Golkar). Sementara nama-nama baru yakni Harold Lompe (PDI-P), Rahmat Saleh (Gerindra), Makhlon (Nasdem) dan Ajub Willem (Demokrat).

Kemudian Dapil 4 (Kecamatan Dolo, Dolo Barat dan Dolo Selatan) masih diisi dua nama lama yakni Rizal Injetnae (Golkar) dan Moh. Umar (PDIP). Selebihnya ada nama baru seperti Sumarni (Gerindra), Anas (Demokrat), Hikmah L (PKS), Abd. Rahman (Nasdem) dan  Ardianto (PKB)

Sementara dua nama lama yang mengisi Dapil 5 (Kecamatan Marawola, Kinovaro dan Kecamatan Marawola Barat) adalah Darwis Saing (PKB) dan Eben (PKPI). Sisanya diisi empat pendatang baru, yakni Ilham (Gerindra), Sumardi (Golkar), Endang (Nasdem) dan Ruslan (Demokrat)

Jika dihitung berdasarkan perolehan kursi maka ada empat partai sekaligus yang meraih kursi terbanyak, masing-masing lima kursi, yakni Golkar, Gerindra, Nasdem, dan Demokrat. Sisanya, PDI-P (3 kursi), PKB (3 kursi), PKS (2 kursi), PBB (1 kursi) dan PKPI (1 kursi).

“Alhamdulillah, sejak awal dibukanya rekapitulasi sampai pleno penetapan yang berakhir tadi malam, semuanya berjalan lancar walaupun diakui ada beberapa sedikit kendala yang menyebabkan penetapan agak terlambat,” ujar Ketua KPU Sigi, Hairil, Rabu (08/05).

Terlepas dari semua itu, pihaknya mengucapkan terima kasih pada semua elemen atas terselenggaranya Pemilu dengan lancar, baik dari pihak kepolisian, TNI, Bawaslu Sigi, hingga penyelenggara adhock (PPK, PPS dan KPPS). Begitu pula kepada seluruh masyarakat Sigi yang telah menyalurkan hak suaranya dengan baik.

Kapolres Sigi, AKBP Wawan Sumantri, saat rapat pleno rekapitulasi, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menghargai hasil Pemilu.

“Jangan dinodai dengan tindakan-tindakan yang tidak perlu dan hanya membuat retaknya persaudaraan.

“Apalagi saat ini kita berada di bulan suci Ramadhan, mari kita tingkatkan keimanan, ketaqwaan dan rasa kekeluargaan di antara kita,” tutupnya.

Selain Kapolres, rapat pleno tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae, Ketua Bawaslu Sigi Steny Marini Pettalolo bersama Komisioner Bawaslu lainnya serta para komisioner KPU dan perwakilan partai politik. (HADY)