Warga Diimbau Waspadai Curah Hujan Diatas Normal

oleh -0 Kali Dilihat

SIGI – Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi mengimbau kepada masyarakat setempat agar mewaspadai curah hujan diatas normal yang diperkirakan terjadi sampai bulan Agustus mendatang.

Imbauan melalui Surat Edaran (SE) yang diketahui Bupati Sigi itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan .

Kepala-BPBD-Sigi-Resmi-Laze

Menurut Kepala BPBD Sigi, Resmin Laze, Senin (12/06), wilayah-wilayah yang perlu waspada penuh adalah Kecamatan Pipikoro, Kulawi Raya, Lindu, Palolo dan Kecamatan Marawola Barat.

Pihaknya juga mengimbau desa-desa yang berada dekat bantaran Sungai Palu untuk turut waspada karena tidak menutup kemungkinan hujan yang terjadi akan berdampak naiknya debit air dari sungai tersebut.

“Surat tersebut kita sudah sampaikan pada camat maupun kades. Untuk rumah-rumah yang ada di bibir sungai untuk berhati-hati. Bila perlu mengungsi untuk sementara waktu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Resmin.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, memperbaiki saluran air yang tersumbat maupun hal lainnya untuk menghindari banjir.

Demikian pula warga yang berada tidak jauh dari pegunungan untuk tidak melakukan penebangan pohon dan hal-hal lain yang menyebabkan kerusakan hutan.

“Karena sesuai penelitian, bahwa daerah kita ini sangat rawan akan terjadi bencana, baik banjir, tanah longsor maupun angin puting beliung. Untuk angin puting beliung pusatnya di Kecamatan Palolo, tepatnya di Desa Berdikari dan Kecamatan Marawola Barat,” ujar Resmin. (HADY)