Usai Disidak Patuh THR, Perusahaan ini Ancam Security

oleh
Sudaryano Lamangkona saat bersitegang dengan pihak keamanan perusahaan pengolahan kelapa di Kayumalue Ngapa, Sabtu (17/6). FOTO: MAL/HAMID

PALU- Pihak Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga kerja (KUT) Kota Palu melakukan sidak kepatuhan pelaksanaan THR di sejumlah perusahaaan besar yang ada di Kecamatan Palu Utara, Sabtu (17/6) siang ini.

Pada salah satu perusahaan pengelolaan kelapa di Kayumalue Ngapa, PT. Sahabat Citra Buana Kurnia, rombongan mendapatkan perlakuan tidak mengenakan.  Ketika masuk, rombongan diterima, namun tidak dapat bertemu pimpinan sebab menurut pengawas perusahaan tersebut, pimpinan sedang berada di luar daerah. Olehnya itu rombongan akhirnya balik keluar, namun saat keluar pintu perusahaan tersebut ditutup oleh pihak keamanan dengan alasan bahwa memberi masuk tamu adalah kesalahan.

“Maaf Pak, saya barusan ditelepon pimpinan dia marah, karena saya telah memasukkan orang ke dalam perusahaan ini, sampai saya diancamnya dengan SP 1,” kata salah seorang security yang menghadang rombongan saat akan keluar.

Melihat adanya hal itu Kadis KUT langsung keluar dari mobil dan sempat terjadi bersitegang dengan sejumlah pihak keamanan di lokasi.

“Kami ini pemerintah yang turun bermaksud untuk melakukan pengecekan terhadap kepatuhan perusahaan atas hal pelaksanaan pembayaran THR, ini nerupakan tindak lanjut atas Surat Edaran Walikota Palu tentang Pembayaran THR bagi karyawan Perusahaan,” kata Kadis KUT Sudaryano Rahmalifman Lamangkona.

Dengan adanya reaksi dari pimpinan perusahaan seperti ini, tambah Sudaryano berati pihak perusahaan tidak menginginkan adanya pengendalian dan pembinaan yang dilakukan Pemerintah Kota Palu.

“Kami akan segera memanggil pimpinannya untuk membicarakan hal tersebut,” kata Ano.

Dia berharap pihak perusahaan bisa memenuhi kewajibannya.

” Ada tiga hal perlu kita amati dalam sidak ini, patuh, kurang patuh dan tidak patuh. Karena pihak perusahaan wajib melaporkan realisasi pembayaran bagi karyawan ke wali kota melalui Dinas. Sidak ini akan terus dilakukan dengan waktu pelaksanaan yang tidak ditentukan,” pungkasnya.

Sementara itu, PT. Sahabat Citra Buana Kurnia, perusahaan industri pengelolaan kelapa yang melibatkan sekitar 300 pekerja tersebut melalui perwakilannya mengaku akan membayarkan THR pada Selasa nanti. (HAMID)

Iklan-Paramitha