TOUNA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI melalui Divisi Optimasi Pemasaran Produk Mustahik menggelar pelatihan optimalisasi konten media sosial, di Ampana, Selasa (15/07) sampai Rabu (16/07).
Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Baznas Tojo Una-Una (Touna) dan Fatayat Nadhlatul Ulama (NU) Touna yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM binaan, khususnya generasi muda.
Hari pertama pelatihan, peserta dari berbagai daerah di Touna. Mereka dibekali materi seputar ide konten dan personal branding. Hari kedua para peserta difokuskan pada strategi digital marketing berbasis live streaming dan affiliate marketing.
Agung Sugeng Pramono, Tim Divisi Optimasi Pemasaran Baznas RI, mengatakan, para peserta dikenalkan cara kerja algoritma TikTok, menentukan audiens dan produk yang sesuai, serta menyusun skrip promosi singkat dengan pendekatan hook, promo, dan Call To Action (CTA).
“Peserta juga mempelajari cara bergabung dalam program afiliasi TikTok dan Shopee, memilih produk yang relevan, serta menyusun strategi penyampaian konten yang lebih efektif dan menarik,” jelasnya.
Dalam pelatihan ini, peserta juga mempraktikan langsung membuat konten video affiliate yang berisi ulasan produk dalam format singkat.
Mereka belajar memproduksi video promosi dengan alat sederhana yang layak unggah dan berpeluang meningkatkan eksposur produk secara digital.
“Melalui pembekalan keterampilan digital ini, para pelaku UMKM muda di Touna diharapkan dapat lebih percaya diri dalam mengembangkan usahanya secara mandiri dan kompetitif di era digital,” imbuhnya. ***