Tingkatkan Kualitas Pelayanan, BKKBN Gelar Sosialisasi Perubahan Perilaku Masa Pandemi

oleh -
Bramanda Noya,(kiri) menyampaikan laporan panitia, dalam kegiatan pembukaan sosialisasi perubahan perilaku pada masa Pandemi Covid-19. di Salah satu hotel di Kota Palu, Senin (30/11) malam ini. (FOTO : YAMIN)

PALU – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan sosialisasi perubahan perilaku pada masa Pandemi Covid-19. di Salah satu hotel di Kota Palu, mulai Senin 30 November hingga 1 Desember 2020. Dibuka Kepala Perwakilan, Dra. Maria Ernawati, MM.

Diacara pembukaan malam ini, Ketua Panitia, Bramanda Noya menyampaikan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan administrasi di lingkungan Perwakilan BKKBN Sulteng di masa pandemi Covid-19.

Dikesempatan itu, Pria yang akrab disapa Bram itu menjelaskan, sejak pandemi Covid-19 ini, banyak kejadian luar biasa yang harus disikapi dengan cara yang tidak biasa, oleh instansi pemerintah khususnya yang dilakukan di BKKBN. Terutama yang berkaitan dengan administrasi, dimana pengertian administrasi itu sendiri adalah proses kerjasama antara dua orang atau lebih, yang bertujuan untuk mencapai target dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

“Maka BKKBN dalam pengelolaannya juga memanfaatkan sarana prasarana yang ada. Banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara virtual yang dikemas sedemikian rupa, agar menarik dan menggunakan aplikasi yang bermacam macam sesuai kebutuhan. Pertemuan virtual ini merupakan satu dari sekian banyak perubahan yang dilakukan,” jelasnya.

Kata Bram, kebiasaan baru ini tidak hanya dilakukan di lingkungan kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng, tetapi dilakukan pula oleh para Penyuluh Keluarga Berencana atau Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana  (PKB/PLKB) yang bertugas di lapangan.

“Selain KIE program Bangga Kencana di masyarakat, peran PKB/PLKB juga mengedukasi dan memberikan informasi kepada kader-kader KB/PPKBD (Petugas Pembina Keluarga Berencana Desa) dan Sub PPKBD tentang bahaya pendemi Covid-19, dan bagaimana pencegahan yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Kader KB ini secara aktif mensosialisasikan, yang dimulai dari keluarga dan orang-orang terdekat,” terang Bram.

Bram menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk meingkatkan peran Apratur Sipil Negara (ASN) dalam melakukan pelayanan asministrasi di masa pandemi Covid-19, sekaligus menambah skill PKB/PLKB dalam melakukan KIE di masyarakat.

“Kami harapkan, melalui kegiatan ini terjadi peningkatan kualitas pelayanan administrasi oleh ASN terhadap masyarakat di masa pandemi,” ucapnya.

Kegiatan itu menghadirkan 75 PKB/PLKB dari seluruh dari kabupaten/kota di Sulteng. Dengan menghadirkan narasumber, dr. Delayla Afriana dari Satgas Covid, Iskandar Zulkarnain, Erdiyansyah, S.Sos, M.Si, Dosen Etika Administrasi, Aliansi Jurnalis, DR. Agus Lamakarate. (YAMIN)