Sukses Gelar Pilkada di Masa Pandemi Covid-19, Bawaslu Poso Terima Penghargaan

oleh -
Suasana penyerahan piagam penghargaan dari Ombudsman ke Bawaslu Poso, di Aula Bawaslu Poso, Kamis (21/10) (FOTO : media.alkhairaat.id/Mansur)

POSO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Poso, mendapatkan penghargaan dari Lembaga Pengawas Pelayanan Publik, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Penghargaan berupa piagam itu merupakan bentuk apresiasi dari Ombudsman, diserahkan langsung oleh Kepala Ombudsman Perwakilan Sulteng, Sofyan Farid Lemba, kepada Bawaslu Poso, yang diwakili Helmi Mongi dan Christian Adiputra Oruwo, di Ruang utama Bawaslu Poso, Kamis (21/10).

Dikesepatan itu, Sofyan Farid Lemba mengatakan, dari Tujuh Kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak 2019 di Sulteng, tiga diantaranya mendapatkan penghargaan, yakni Bawaslu dan KPU Kota Palu,Bawaslu dan KPU Kabupaten Poso serta Bawaslu dan KPU Kabupaten Toli-Toli.

Menurutnya, untuk memberikan apresiasi kepada penyelenggara  khususnya Bawaslu Poso, pihaknya telah melakukan penilaian secara diam-diam, dengan menurunkan tim di seluruh Kabupaten, mulai dari awal tahapan penyelenggaraan Pilkada hingga selesai di tengah pandemi Covid-19.

‘’Pekerjaaan penyelenggara Pemilu di masa pandemi Covid-19 seperti Bawaslu sangatlah susah. Ini membutuhkan orang-orang hebat yang punya talenta dan integritas, serta profesionalisme yang tidak diragukan, ketika Bawaslu bisa menyelenggarakan  Pilkada serentak  yang bermartabat , itu menjadi catatan  dan penilaian bagi Ombudsman untuk pemberian penghargaan,” ungkap Sofyan .

Sofyan Farid Lemba menjelaskan, dalam penilaian pihaknya melihat aspek pemenuhan  standar pelayanan  protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dalam penyelenggaraan Pilkada tersebut, apakah betul-betul  Bawaslu Poso melaksanakan prokes  sesuai standar  pelayanannya, mulai penyiapan masker, pelaksanaan rapid antigen dari seluruh penyelenggara, mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat kelurahan dan desa.

Selain masalah prokes penilaian lain yang diambil adalah masalah kekompakan antara penyelenggara KPU dan Bawaslu, mulai dari awal tahapan hingga penetapan pasangan kepala daerah terpilih.

‘’Kerja seperti inilah yang harus diberikan apresisasi dengan harapan yang pertama Bawaslu Poso ke depan bisa memperbaiki kualitas  pelayanannya , tambah semangat dan bisa-bisa mengembangkan inovasi, serta legasi  yang diharapkan dalam penyelenggaraan Pilkada berikutnya,’’ harapnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Poso Divisi Hukum Penindakan dan Penyelesaian Sengketa (HPP), Christian Adiputra mengatakan,  apresiasi dan ucapan terimah kasih kepada Ombudsman Sulteng  yang telah memberikan kepercayaan atas pelaksanaan Pilkada serentak di Poso dalam masa Pandemi Covid-19 yang berjalan lancar.

Diakuinya bahwa penghargaan  tersebut sama sekali tidak pernah diduga sebelumnya, mengingat pihaknya tidak mengetahui kalau secara diam-diam pihak Ombudsman menerjunkan tim untuk  melakukan penilaian saat pelaksanaan Pilkada serentak di Poso tahun 2019

‘’Harapan kita, antara Bawaslu Poso dan Ombudsman ada kerjasama, sehingga selalu mengingatkan bahwa Kabupaten Poso dalam kepatuhan prokes dan pelayanan publik, sehingga bukan hanya  keadilan dalam proses  demokrasi yang kita dapatkan, tapi lebih bagaimana masyarakat bisa mengakses seluruh hak-haknya di Bawaslu Poso,’’ ungkap Christian.

Reporter : Mansur
Editor : Yamin