Rangkaian HSN 2021, Hari ini PKB Sulteng Gelar Baksos di Ponpes Kabeloa

oleh -
Muh. Rusdi Tenri Wakil Ketua DPW PKB, Jayadin Djuhaepa, Sekretaris Panitia, Moh. Habil Wakil Ketua DPW, Gustiana, Wakil Sekretaris DPW PKB, saat memberikan keterangan Pers, di Kantor DPW PKB Sulteng, Senin 18 Oktober 2021 malam. (FOTO : media.alkhairaat.id/Yamin)

PALU Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) ke VII Tahun 2021, Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan, di Kabupaten Sigi.

Sekretaris Panitia HSN, Jayadin Djuhaepa menyampaikan, rangkaian kegiatan berjalan selama empat hari, dimulai tanggal 19 sampai acara puncak tanggal 22 Oktober 2021.

Kata dia, Tanggal 19 hingga 20 dilaksanakan Baksos, dengan kegiatan Vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan gratis, di Pondok Pesantren Kabeloa, Desa Pewunu, Kecamatan Dolo Barat.

Tanggal 21  sore, dilaksanakan lomba secara virtual pidato tiga bahasa, yakni Bahasa Indonesia, bahasa arab dan bahasa  inggris.

“Pesertanya sudah mendaftar dari seluruh Ponpes se Sulteng,” kata, Jayadin, di Kantor DPW PKB Sulteng, Selasa (19/10).

Masih di hari yang sama, juga dilaksanakan sosialisasi Undang-Undang (UU) tentang pesantren, Peraturan presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 Tentang dana abadi pesantren, dan Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Pesantren. Sosialisasi akan dilaksanakan di Ponpes Madinatul Ilmi Dolo.

Kemudian, tanggal 21 malam, Maulid Nabi digelar di Ponpes Bambau Solihin, Keluarahan Palupi, dan hari pucak, tepatnya  tanggal 22 pagi, dilaksanakan Apel Santri di Lapangan Madinatul Ilmi, Desa Kota Rindau, Kecamatan Dolo.

“Kemudian ditututup tanggal 22 itu dengan malam ramah tamah. Itulah serangkaian kegiatan kami untuk memeriahkan hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021,” jelas Jayadin.

Wakil Ketua Panitia, Muh. Rusdi Tendri menambahkan, HSN melibatkan semua Ponpes yang ada di Sulteng. Mulai dari lomba, apel akbar, hingga malam ramah tamah.

“Berhubung karena masih dalam keadaan Covid, sehingga untuk menghadiri Apel santri ini juga kami hanya mengundang perwakilan-perwakilan, supaya tidak terjadi penumpukan orang. Pada intinya kita tetap menjalankan protokol kesehatan ketat di seluruh titik gelaran rangkaian kegiatan,” terangnya.

Menurut Rusdi, memeriahkan HSN sebenarnya telah diagendakan oleh DPW PKB Sulteng sejak tahun 2020 di Desa Bora, Kabupaten Sigi. Namun  karena keadaan masih Covid, kegiatan itu baru bisa dilaksanakan tahun ini.  

Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua DPW PKB Sulteng, Moh. Habil mengatakan, HSN akan dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH. Prof. Manarul Hidayat.

“KH. Prof. Manarul Hidayat akan mewakili DPP, sekaligus akan menjadi inspektur upacara, membawakan hikmah Maulid Nabi dan  memberikan materi terkait Perpres dan Ranperda tentang Ponpes, bersama Ketua Fraksi PKB DPRD Sulteng, Aminullah BK,” terangnya.

Dalam rangkaian kegiatan upacara dan ramah tamah nanti, juga akan dihadiri Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kabupaten Sigi, MUI Sulteng, MUI Sigi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, dan perwakilan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB se Sulteng.

“Ini semua adalah ikhtiar PKB dalam memperjuangkan kesejahteraan Ponpes di tanah air. InsyaAllah Sulteng adalah provinsi ke tiga yang akan memiliki Perda Ponpes, setelah Sumatera Selatan dan Jawa Barat,” tandasnya. (YAMIN)