Proyek PDAM Rusak Fasilitas Umum, Ini yang Dilakukan Lurah Kasintuwu

oleh -
Lurah Kasintuwu saat memimpin langsung pekerjaan jalan rusak di Perempatan Agen Bus Medi Suka Laksana, Ahad (7/11) malam. (FOTO : media.alkhairaat.id/Mansur)

POSO – Proyek pipanisasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Poso kota mengakibatkan fasilitas jalan rusak di beberapa titik, khususnya di wilayah Kelurahan Kasintuwu.

Atas hal tersebut, Lurah Kasintuwu, Srihandayani Gani, bersama warga merespon dengan cara melakukan perbaikan secara mandiri.

Srihandayani Gani mengaku, aksinya bersama sejumlah warga  menutup jalan-jalan berlubang, sebagai bentuk kepedulian dan sekaligus prihatin dengan keadaan jalan raya di wilayahnya yang tidak kunjung diperbaiki.

Menurutnya, aksi menimbun jalan yang berlubang dilakukan pada Ahad 7 November malam.

“Penimbunan  tersebut merupakan pertolongan pertama. Sementara keluhan warga terus terjadi karena kerap terjadi kecelakan, sambil menunggu pihak kontraktor dari PDAM melakukan perbaikan sampai ke wilayah Kelurahan Kasintuwu,” ucap Srihandayani, Senin (8/11).

Lurah menyampaikan, galian itu berada di Areal Bundaran Smaker, Perempatan Lampu Merah Jl.Yos Sudarso, perempatan lampu merah Rumah Sakit Poso, Perempatan MZL dan perempatan bundaran Smaker Poso. Galian-galian itu ditutup menggunakan batu gunung, batako, serta kerikil halus.

“Saya berharap dengan aksi kami turun kejalan seperti ini, bisa direspon oleh pihak kontraktor, agar segera menutup dan memperbaiki jalanan berlubang yang ada di dalam Kota Poso,” harapnya.

Aksi lurah tersebut mendapat apresiasi masyarakat, terutama bagi pengguna jalan, salah satunya adalah Rizaldi (50). Selaku tukang ojek mengaku sangat mengapresiasi dan berharap bisa menjadi contoh bagi yang lain.

Diakuinya, sejak beberapa bulan terakhir,sejumlah teman-teman sesama tukang ojek telah mengalami kecelakaan akibat jalanan rusak tersebut, apalagi saat hujan karena jalanan licin dan berlubang.

“Saya sangat berterimakasih sama Ibu Lurah Kasintuwu, ini bisa menjadi contoh buat lurah lain, semoga saja jalanan dalam Kota Poso ini cepat diperbaiki semuanya,” harapnya.

Berdasarkan pantauan media ini, kerusakan jalan di sepanjang jalur Trans Sulawesi yang ada di dalam Kota Poso diakibatkan oleh adanya proyek pekerjaan pipanisasi oleh pihak PDAM .Anehnya,sisi kanan atau kiri jalanan yang dibongkar dan telah dipasangi pipa tersebut hanya ditinggal begitu saja, sehingga menyebabkan jalanan rusak dan berlubang.

Reporter : Mansur
Editor : Yamin