Pengurus SMSI Touna Resmi Dilantik

oleh -
Suasana pelantikan pengurus SMSI Kabupaten Tojo Unauna, Selasa (14/12). (FOTO : media.alkhairat.id/ Rahman)

TOUNA – Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI)  Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng),  Periode 2021-2024 resmi dilantik Ketua SMSI Sulteng, Mahmud Matangara.

Pelantikan Pengurus SMSI Kabupaten Touna dilaksanakan, Selasa (14/12) di Aula Pertemuan Marina Cottages, Kecamatan Ratolindo, sekaligus pembentukan Pengurus  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Kabupaten Tojo Una-Una, dihadiri perwakilan Dinas Kominfo dan Perwakilan Polres Kabupaten Touna.

Secara resmi pelantikan pengurus SMSI Kabupaten Touna masa bakti 2021-2024 ditandai dengan pengambilan sumpah dan penyerahan Pataka oleh Ketua SMSI Sulteng, Mahmud Matangara kepada Ketua SMSI Kabupaten Touna, Yahya Lahamu.

Ketua SMSI Sulteng, Mahmud Matangara dalam sambutamnya mengatakan,  dengan terbentuknya kepengurusan SMSI Kabupaten Touna,  kiranya para pengelola media siber yang ada di daerah ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi Kabupaten Touna melalui karya jurnalistik yang berkualitas dalam upaya membantu pemerintah membangun daerah ini.

“SMSI sebagai wadah berhimpunnya para pengelola media siber di daerah ini, kiranya dapat menjalin hubungan baik dengan semua stakeholder termasuk dengan pemerintah daerah, dalam menyajikan informasi yang positif untuk masyakarat termasuk informasi pembangunan,” ujarnya.

Mahmud yang juga Ketua PWI Sulteng ini menegaskan, dengan adanya wadah SMSI di daerah ini,  pemilik media dan pengelola media harus  bisa bersinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang akan dibentuk nantinya, sehingga tercipta kekompakan dalam menjalankan kerja-kerja  jurnalistik atau kewartawanan sebagai upaya ikut membangun daerah ini.

” Pengelola Media dan wartawan ikut membangun daerah ini dengan tulisan-tulisan yang berkualitas dan ikut menggali potensi daerah yang belum terekspose dipublik, sehingga daerah ini bisa dikenal bukan hanya dalam negeri  tetapi juga di luar negeri,” pintanya.

Dia berharap,  pengurus SMSI yang baru saja dilantik dapat lebih berkreasi dan inovatif dalam melihat peluang yang ada dan memberikan kontribusi kepada pekerja media dan wartawannya memiliki kompetensi dengan mengikutkan wartawannya dalam kegiatan  Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Kedepan seluruh media harus tersertifikasi dan wartawannya juga berkompoten, sehingga kualitas media dan wartawannya benar-benar tidak dipandang sebelah mata termasuk yang ada di Kabupaten Tojo Una-Una ini, ” ujarnya.

Dia juga berharap,  pemerintah daerah berperan aktif membantu peningkatan sumber daya manusia wartawan yang ada di daerah ini menjadi berkualitas sehingga wartawan juga dapat membantu pemerintah daerah menyebarluaskan informasi pembangunan secara positif.

“Salah satu cara meningkatkan kualitas wartawan yang ada di daerah ini yakni mengikutkan mereka pada Uji Kompetensi Wartawan,” tegasnya.

Adapun Pengurus SMSI Kabupaten Touna masa bakti 2021-2024 yakni Ketua dijabat Yahya Lahamu,  Sekretaris dijabat Mohammad Safa’at Samangka dan Bendahara dijabat oleh Chandra Lubah. Kepengurusan SMSI kabupaten Touna juga dilengkapi sejumlah bidang diantarannya bidang organisasi, pendidikan dan pelatihan  serta bidang pendataan media. 

Reporter : Rahman
Editor : Yamin