Pemkot Palu Raih Dua Penghargaan Pengelolaan Keuangan

oleh -
FOTO: HUMAS PEMKOT PALU

PALU – Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, didampingi Kepala DPKAD Kota Palu, Romy Shandi Agung menerima dua penghargaan dalam acara “Kemenkeu Satu Sulteng Awards” yang dilaksanakan di ruang Polibu, Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (03/11).

Penghargaan yang diterima yakni predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 dan pemerintah daerah dengan predikat opini WTP selama lima tahun berturut-turut.

Selanjutnya, penghargaan terbaik kedua atas pengurusan asset, penyerahan piutang, pelaksanaan penilaian barang milik daerah dan kinerja lelang barang milik derah.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil audit BPK Sulteng atas LKPD tahun 2021. Penghargaan diberikan oleh Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura bersama Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan, Irfa Amri.

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, Irfan Amri, menyampaikan terima kasih atas kebersamaan Gubernur, kepala instansi vertikal dan OPD untuk mengikuti “Kemenkeu Satu Sulteng Awards”.

“Kami berkomitmen untuk dapat melakukan pelayanan terbaik dan membantu para stakeholders termasuk pemda dan instansi vertikal dalam mencapai tujuan dan kepentingan stakeholders,” katanya.

Ia juga mengatakan, kinerja APBD se- Sulteng juga mengalami pertumbuhan, baik dari segi pendapatan daerah sebesar 5,90% dan belanja daerah sebesar 9,84%.

“Kami berharap bahwa kajian dan laporan yang secara periodic kami susun dapat memberikan infomasi, evaluasi, maupun saran dan rekomendasi bagi penyusunan opsi kebijakan dan kinerja pelaksanaan anggaran di daerah,” ujarnya.

Dalam kegiatan “Kemenkeu Satu Sulteng Awards” ini terdapat beberapa kategori penghargaan, yakni predikat WTP bagi pemerintah daerah di lingkup Provinsi Sulteng, kinerja Pengelolaan DAK fisik semester I TA 2022 di lingkup Provinsi Sulteng, kinerja pengelolaan Dana Desa Semester I TA 2022, pengajuan penyaluran pertama DAK fisik tercepat dan lainnya.

Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan Kanwil Perbendaharaan Kementrian Keuangan RI.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi pendorong untuk semua penyelenggara pemerintahan untuk terus melakukan tata kelola keuangan dengan baik sehingga dapat memperoleh opini terbaik dari BPK RI,” harap Gubernur.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay