Pemkot Tingkatkan SDM Pokdarwis Kelurahan Duyu

oleh -
Foto bersama usai pembukaan kegiatan pelatihan. (FOTO: HUMAS PEMMKOT PALU)

PALU – Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian, Setda Kota Palu, Husaema, membuka pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kebun Anggur bagi masyarakat Kelurahan Duyu, di salah satu hotel, Kamis (18/11).

Menurut Husaema, sadar wisata merupakan konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat yang kondusif pengembangan kepariwisataan.

“Ada berbagai unsur berkembangnya pariwisata, yaitu keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan, dan keramah-tamahan,” ujarnya.

Menurutnya, implementasi dari Sapta Pesona yaitu terciptanya lingkungan yang bersih, aman, tertib, dan memberikan layanan teratur serta efektif bagi wisatawan, apalagi objek wisata yang dimiliki Kota Palu sangat luar biasa dan mempesona jika pemerintah dan masyarakat mampu menjaga dan mengembangkannya.

“Kegiatan sadar wisata ini sangatlah baik, karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta objek wisata, membantu memberantas kemiskinan, dan membuka lapangan pekerjaan,” lanjutnya.

Husaema berharap, melalui pelatihan ini, kesadaran masyarakat untuk lebih memahami pentingnya sadar wisata dan menerapkannya secara sungguh-sungguh agar dapat menjadikan Kota Palu sebagai tempat wisata bagi masyarakat banyak.

Reporter : Hamid
Editor : Rifay