Pemkot Boras Pantau Pembangunan TPA Ngatabaru

oleh
Perwakilan Pemkot Boras, Miss Jessica dan rombongan bersama Bupati dan Wakil Bupati Sigi, saat memantau TPA di Desa Ngatabaru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis (08/06). (FOTO: MAL/HADY)

SIGI – Pemerintah Kota (Pemkot) Boras, Negara Swedia meninjau lokasi pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Ngatabaru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis (08/06).

Saat memantau lokasi TPA yang disiapkan seluas 10 hektar itu, Pemkot Boras yang diwakili Miss Jessica berserta rombongan diantar langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta dan Paulina.

Hal ini sebagai tindaklanjut rencana kerja sama Pemkot Boras dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam pengolahan sampah moderen.

Kerja sama ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sigi sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis.

Kepala DLH Sigi, Andi Aco, mengatakan, TPA tersebut akan dibangun secara moderen yang  bisa memilah sampah kering serta sampah basah. Demikian pula sampah plastik yang langsung tercacah oleh mesin dan nantinya  bisa bernilai ekonomis.

“Pembangunannya sudah dimulai. TPA ini nantinya akan berbentuk UPT sendiri dan akan menghasilkan berbagai produk sampah yang telah diolah mentah,” katanya.

Penjabat sementara Kades Ngatabaru, Moh Rifgal, menyambut baik pembangunan TPA di wilayahnya. Selain memberikan faedah bagi Pemkab Sigi yang selama ini belum memiliki TPA sendiri, juga berdampak pada Desa Ngatabaru sendiri, yakni bisa memberdayaan masyarakat yang  ada di sekitar TPA.

“Apalagi pembangunan TPA ini menyangkut persoalan orang banyak sebab penanganannya cukup sulit. Alhamdulillah kita sudah memiliki TPA yang bisa dikatakan canggih ini,” terangnya. (HADY)

Donasi Bencana Sulbar