Pemkab-Telkom Luncurkan Jaringan Smart City

oleh -
Foto bersama usai peluncuran Smart City di Aula Kantor Bupati Sigi, Kamis (14/09). (FOTO: MAL/HADY)

SIGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi bersama PT. Telkom membangun kerjasama dengan meluncurkan jaringan Smart City Telkom, di Aula Kantor Bupati, Kamis (14/09).

Acara peluncuran Jaringan Smart City Telkom atau Astinet itu disertai bimbingan teknis Sistem Administrasi Perkantoran (Simaya), dihadiri Wakil Bupati Sigi Paulina, Sektretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi Basir Lainga, Pimpinan PT. Telkom Regional VII, Pimpinan PT. Telkom Palu, para Kepala OPD serta seluruh perwakilan kecamatan.

Smart City merupakan konsep kota pintar yang memusatkan operasional keseharian pada teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan demikian, maka akan terjadi peningkatan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Selain itu, konsep Smart City juga memudahkan berbagai layanan dasar kepada masyarakat, seperti kesehatan, pendidikan, serta penghasilan pendapatan masyarakat secara mandiri maupun kelompok.

“Biaya pembangunan infrastruktur jaringan Astinet ini memang sangat besar. Makanya kami tidak ingin hanya sampai disitu, tetapi diharapkan agar bagaimana internet dapat dinikmati seluruh masyarakat sampai di desa dengan biaya yang murah,” terang Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta.

Menurutnya, saat ini internet bukan saja menjadi kebutuhan pemerintah,  tetapi juga menjadi kebutuhan individu di masyarakat.

“Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan pihak swasta agar berinvestasi di Kabupaten Sigi, dengan meliat potensi yang ada melalui jaringan internet,” tambahnya.

Dia berjanji, Pemkab akan memberi kemudahan kepada investor, sebab Sigi merupakan daerah yang aman untuk berinvestasi.

Saat ini, lanjut dia, Kabupaten Sigi juga berupaya terus membangun daerah, demi terwujudnya kabupaten yang maju, mandiri berbasis ekonomi kerakyatan. (HADY)