Pemkab Sigi Hadiri Sosialisasi Program Sembako Kemensos

oleh
Kegiatan sosialisasi program sembilan bahan pokok (sembako), Rabu (22/01), di Jakarta. (FOTO: IST)

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi menjadi salah satu peserta sosialisasi program sembilan bahan pokok (sembako), Rabu (22/01), di Jakarta.

Kegiatan yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Penanganan Fakir Miskin itu dibuka Menteri Sosial (Mensos), Juliari P. Batubara.

Pada kesempatan ini, Pemkab Sigi diwakili oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Moh Basir Lainga dan Kepala Dinas Sosial.

Mensos menyampaikan beberapa hal yang berubah dari program BPNT menjadi Program Sembako, yakni jumlah indeks bantuan dan jenis bahan pangan yang diberikan. Selain itu, Program Sembako ini juga dapat membantu pencegahan stunting dengan memperhatikan gizi dari bahan pangan yang diberikan.

Menurutnya, penyaluran Program Sembako dilakukan melalui mekanisme uang elektronik kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan alat pembayaran berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Dana bantuan tersebut digunakan hanya untuk membeli komoditas bahan pangan yang telah ditentukan di elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) dan tidak dapat diambil tunai.

“Di samping itu, pilihan komoditas bahan pangan selain beras dan telur harus tetap memperhatikan kandungan gizi yang bersumber dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, maupun vitamin dan mineral,” ujarnya. (HADY)

Iklan-Paramitha