Pemdes Bale Kerjasama Rumah Sehat BAZNAS Palu Layani Gratis Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat

oleh -109 Kali Dilihat
Suasana pemeriksanan kesehatan masyarakat Dusun I Desa Bale, Kecamatan Tanantovea, Donggala, Kamis (29/07) (FOTO : Istimewa)

DONGGALA – Pemerintah Desa (Pemdes) Bale, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, bekerjasama dengan Rumah sehat BAZNAS Kota Palu, menggelar pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis kepada masyarakat, di Dusun I desa tersebut.

“Pelaksanaan program ini adalah kali kedua di Desa Bale, diharapkan kerjasama ini dapat terus berlangsung dengan program kesehatan lainnya,” ucap Kades Bale, Adam,ditemui di selah-selah kegiatan, Kamis (29/07).

Kata dia, dimasa pandemi seperti saat ini, pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi saat ini rumah sakit sudah banyak melayani pasien yang terpapar Covid-19, yang membuat masyarakat enggan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan yang ada.

“Dengan adanya program ini akan memudahkan masyarakat untuk memeriksakan kesehatan, dan melakukan pengobatan,” katanya.

Dalam kegiatan ini, masyarakat sangat antusias, pemeriksaan dan pengobatan dilakukan untuk segala usia, termasuk pemeriksaan asam urat, colestrol dan lain-lain. Menurut Adam, antusias masyarakat seperti ini juga membuktikan bahwa masyarakat sangat membutuhkan kesehatan untuk dapat beraktifitas dengan prima.

Adam menyampaikan, masyarakat Desa Bale 80 persen adalah petani yang hidupnya bergantung dari hasil pertanian. Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh besar pada pendapatan masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan ekonominya apalagi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Dia berharap, agar proses ini bisa dilakukan di empat dusun lain yang ada di wilayah Desa Bale. Kunjungan pemeriksaan dan pengobatan ke dusun diharapkan dapat memaksimalkan kehadiran masyarakat, karena jangkauan atau jarak antar dusun di wilayah Desa Bale berjauhan. Hal ini dimungkinkan juga agar masyarakat yang berusia lanjut dapat hadir dalam pemeriksaaan kesehatan yang dilakukan.

“Pemerintah Desa Bale mengucapkan terima kasih kepada Rumah Sehat BAZNAS Kota Palu atas kerjasama yang telah dilakukan. Semoga menjadi amal ibadah untuk semuanya,” tandas Adam. (YAMIN)