Pelukis Beraliran Naturalisme Ini Tetap Berkarya di Tengah Covid

oleh
Azis Alkatiri dengan latar belakang hasil karyanya. (FOTO: JAMRIN AB)

Prestasi tingkat nasional yang pernah diraihnya adalah masuk sebagai finalis kompetisi Seni Lukis Tingkat Nasional Indonesia Art Award 1999 dengan judul karya “Adakah Hari Esok Untuk Indonesiaku,” sehingga berhak mengikuti pameran bersama 102 finalis di Gallery Nasional Indonesia Jakarta, 21 September – 20 Oktober 1999 silam.

Salah satu karya Aziz Alkatiri tentang keindahan objek wisata Togean. (FOTO: IST)

Ia bahkan pernah menjajal sejumlah pameran lukisan, seperti pameran bersama Taman Budaya 27 Provinsi di Banjarmasin, pameran Makassar Art Forum, PID-Forum (2001), pameran bersama seni rupa modern Nusantara di Galeri Nasional Jakarta (2001).

Event lain adalah pameran bersama di Taman Budaya Jayapura, Papua tahun 2014, pameran keliling Galeri Nasional Indonesia dan perupa Gorontalo di Museum Popa Eyato Gorontalo tahun 2017, pameran di Mongkey Forest Art Gallery Ubud Bali tahun 2017, dan pameran seni rupa Gorontalo di gedung Galeri Nasional Indonesia tahun 2018.

Sosok pendiam ini lahir di Gorontalo, 29 Juni 1965. Ia menamatkan pendidikan tingkat atas di SMA Negeri I Palu. Ia pernah hijrah ke Kota Bogor, Jawa Barat tahun 2003. Kemudian kembali ke Palu tahun 2014 menjalani rutinitas.

Reporter : Jamrin AB
Editor : Rifay

Donasi Bencana Sulbar