Pelayanan PDAM Poso Dapat Predikat Terpercaya

oleh -
Direktur PI usai memberikan penghargaan kepada Direktur PDAM Poso, Munawir, Sabtu (13/05). (FOTO: MAL/MANSUR)

POSO –  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Poso menerima penghargaan Adhikarya Satya Bhakti 2017, dari Survey Prestasi Indonesia (PI). PDAM dinilai memiliki pelayanan terpercaya dan terbaik dalam tata kelola keuangan.

Penghargaan beserta pin diberikan langsung olej Direktir PI, Willyamto kepada Direktur PDAM Poso, Munawir, di ruangan kerjanya.

Menurut Willyamto, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan prestasi. Menurutnya, sebelum pemberian pengahargaan, pihaknya bersama tim telah melakukan survey dengan mengumpulkan seluruh data, baik dari pemerintah, masyarakat dan tokoh masyarakat terkait pelayanan PDAM Poso selama satu tahun terakhir.

“Berdasarkan penilaian yang telah kami lakukan jauh sebelumnya, respon masyarakat untuk pelayanan cukup bagus,” ungkap Willyam.

Dalam melakukan survei, lanjut dia, pihaknya tidak diketahui oleh siapapun, termasuk pejabat.

“Data yang kami terima di lapangan, diuji kembali dengan melibatkan masyarakat sebagai responden,” tambahnya.

Menurutnya, lembaga yang dipimpinnya sangat terpercaya dan independen dan telah memberikan sejumlah piagam penghargaan mulai dari pejabat, bupati hingga presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara Direktur PDAM Poso, Munawir mengaku bangga atas kepercayaan masyarakat Poso atas pelayanan PDAM. Meski demikian, kata dia, adanya penghargaan itu, bukan berati tidak ada kekurangan di PDAM Poso. Justru kata dia, penghargaan yang didapat itu merupakan tantangan yang berat untuk mempertahankannya.

Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya sama sekali tidak mengetahui jika kinerja lembaganya selama satu tahun terakhir ini, dipantau oleh lembaga survei. Dia bersama perangkatnya mengaku kaget setelah ada pemberitahuan dari PI yang datang langsung memberikan penghargaan.

“Walaupun lebih  banyak yang mengakui kemampuan PDAM Poso, tetapi masih ada juga yang memberi kritik. Dengan ini, saya harapkan kepada seluruh perangkat PDAM untuk lebih semangat dan tidak berpuas diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya. (MANSUR)