Minta Bupati Bangunkan Sekretariat, IPPMASI Tegaskan Bebas Politik Praktis

oleh
Suasana Mubes PPMASI berlangsung tanggal 3 sampai 5 Agustus 2020 lalu, di Wisata Permandian Air Panas Bora, Kabupaten Sigi. (FOTO : IST)

SIGI – Memasuki umur kedua tahun, Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Sigi (IPPMASI) semakin menunjukkan eksistensi sebagai organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan di lingkup daerah.

Belum lama ini, IPPMASI selesai melaksanakan musyawarah besar (Mubes) berlangsung pada 3-5 Agustus 2020 di Wisata Permandian Air Panas Bora, Kabupaten Sigi. Dengan mematuhi protokol kesehatan, antusias peserta Bubes sangat tinggi, diperkirakan ratusan peserta yang hadir dalam pembukaan kegiatan itu, tidak terkecuali Bupati Sigi Mohamad Irwan, hadir sekaligus membuka perhelatan Mubes.

Dalam sambutannya, Moh. Irwan mengucapkan selamat kepada IPPMASI dan mengapresiasi atas terselenggaranya musyawarah besar ini. Ia berharap, kegiatan ini akan menjadi media berbenah dan berkiprah bagi pemuda, pelajar, dan mahasiswa dalam mengisi pembangunan bangsa dan negara, khususnya di Kabupaten Sigi.

Irwan juga berharap eksistensi IPPMASI dapat menjadi darah segar dan energi baru bagi daerah. Dengan demikian akan muncul keyakinan bahwa kelangsungan masa depan Kabupaten Sigi akan selalu tetap terjaga.

Hal senada disampaikan Ketua Umum IPPMASI, Anas Firgiawan Jumba. Melalui sambutannya, ia bersyukur IPPMASI sebagai organisasi masih berumur jagung sangat diperhitungkan di kalangan organisasi daerah lainnya di Sulawesi Tengah.

“Selain menunjukkan bahwa anak-anak muda Sigi itu ada, IPPMASI  memiliki gagasan-gagasan kreatif harus diwujudkan untuk memajukan peradaban di Kabupaten Sigi,” katanya.

Lanjut Anas, anak-anak Sigi membutuhkan tempat dan ruang untuk melakukan diskusi-diskusi terkait gagasan-gagasan dalam rangka memajukan daerah. Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah daerah bisa mengadakan asrama untuk pemuda dan mahasiswa Sigi.

“Sangat besar harapan kami agar Ayahanda Bupati Sigi bisa segera mengadakan asrama untuk kami semua, yang mana asrama tersebut bisa kami jadikan sekretariat guna membahas ide-ide kreatif serta menjadi tempat silaturahmi antar sesama pemuda dan mahasiswa Sigi,” pintanya.

Dewan Penasehat IPPMASI, Rizaldy Alif Syahrial pada media ini, Kamis (13/08) menyampaikan, kedepannya pemberdayaan anak muda di Kabupaten Sigi harus berjalan. Menurut dia, keterlibatan anak muda dalam pembangunan daerah itu sangat penting, terlebih Sigi memiliki potensi anak muda berkualitas.

Rizaldy juga menegaskan, bahwa penyampaian Ketua Umum berkaitan dengan sekretariat sangat benar. Dia berharap hal tersebut disambut baik  semua pihak di Kabupaten Sigi.

“Berkaitan dengan penyampaian ketua umum, kami berharap disambut baik  semua pihak. Selama dua tahun, kami telah menyewa rumah untuk dijadikan sekretariat. Tujuan tersebut semata-mata demi kepentingan pemuda dan mahasiswa Sigi sedang menempuh Studi,” ujarnya.

Dipenghujung, Rizaldy menegaskan, dalam perhelatan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, IPPMASI secara kelembagaan bebas dari kepentingan politik praktis. Meski demikian, setiap anggota IPPMASI dipersilahkan untuk berpolitik sesuai hati nurani masiang-masing.

“Harus ditegaskan bahwa IPPMASI bebas dari kepentingan politik praktis. IPPMASI tidak boleh berpolitik. Hal tersebut telah menjadi kesepakatan kita diawal. Namun anggotanya tidak dilarang untuk  berpolitik karena itu hak konstitusional setiap warga negara. Sebagai warga negara yang baik, silahkan teman-teman mengunakan hak konstitusional masing-masing,” tegasnya.

Reporter : Ikram
Editor : Yamin

Iklan-Paramitha