“Manusia Paling Kikir adalah Mereka yang Tak Bershalawat”

oleh -
HS Ali bin Muhammad Aljufri membawakan tausiyah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nur Iman Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Jumat (24/11). (FOTO: MAL/NANANG IP)

SIGI – Manusia memiliki beberapa sifat, diantaranya kikir. Namun dari sekian jenis sifat ini, yang dinilai paling kikir adalah mereka yang enggan atau tidak mau bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Padahal dalam setiap shalawat yang diucapkan, ada 10 kali lipat pahala yang telah disiapkan Allah SWT.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Alkhairaat, HS Ali bin Muhammad Aljufri, dalam tausyiahnya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nur Iman Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Jumat (24/11) siang.

“Orang yang paling kikir di antara kalian ialah apabila namamu (Nabi Muhammad Saw) disebut dihadapan mereka, tetapi mereka tidak bershalawat. Ini orang yang paling kikir. Bukan orang yang kita minta uang lalu tidak dia kasih,” sebut Habib Ali mengutip Hadits at-Tirmidzi, an-Nasa’i, Ibnu Hibban, al-Hakim, dan Ahmad, Nomor 2878)

Tak hanya kikir, kata Habib, orang yang tak mau bershalawat adalah mereka yang tak memiliki iman.

Untuk itu, Habib mengajak kepada jemaah di Desa Bora agar membiasakan bershalawat dan banyak melantukan kalimat zikir kepada Allah SWT. Kapan saja, setiap pergi dan pulang kantor.

“Kalau berzikir sepanjang jalan, maka akan menghasilkan bekal yang melimpah disisi Allah SWT. Ketahuilah, sebaik-baik taqwa adalah taat kepada Allah SWT,” tekannya.

Habib mencontohkan, dibeberapa tempat banyak ditemui pengendara yang menyia-nyiakan kesempatan untuk berzikir. Padahal, dalam kesempatan itu, mestinya diisi dengan berbagai hal positif, seperti berzikir.

“Justru banyak orang yang mengendarai sepeda motor sambil memegang ponsel. Bahkan ada yang menaruh ponsel di telinganya saat berkendara,” pungkasnya. (NANANG IP)