Mahasiswi Untad Juara 1 Hafal Quran 5 Juz MTQM Nasional

oleh -
Fakhrunnisa bersama suaminya Habil, menunjukan piala juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional ke-XV di Malang. (FOTO: IST)

PALU – Mahasiswi Univeristas Tadulako, Fakhrunnisa berhasil menyabet peringkat terbaik 1 Hifdzil Qur’an 5 Juz pada Mushabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-XV, di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang.

Ini adalah kali kedua, wanita yang disapa Caca ini mengikuti MTQM Nasional. Pada tahun sebelumnya, saat lomba ini dihelat di Universitas Indonesia, dia berhasil meraih peringkat ke-dua.

Saat masih duduk di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sindue, ia juga pernah mewakili provinsi di MTQ Nasional, Maluku tahun 2015. Namun saat itu  belum berhasil.

Caca sudah langganan mengikuti lomba tingkat provinsi, dan nyaris selalu mendapatkan juara.  Sementara cabang lomba yang pernah diikutinya, dari Tartil Qur’an, Hifdzil 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz  hingga Hidfzil 30 juz.

“2015 STQ propinsi di Kabupaten Buol, wakili tuan rumah, te (tidak) dapat juara, apa dikasih ikut cabang Hifdzhil 30 juz. Belum sampai hafalan,” aku mahasiswi Bahasa Indonesia FKIP ini kepada MAL Online, Jum’at (4/8).

Ditanya soal pengalaman mengikuti lomba, ternyata sejak kelas 3 SD hingga 2017 ini, dia masih mengikuti lomba.  “Kalau ditanya pengalaman sudah lupa berapa kali,” akunya lagi.

Gelaran MTQMN XV yang dilaksanakan di UB dan UM, akhirnya resmi ditutup, Kamis (3/8).

Penutupan diadakan di Graha Cakrawala UM dan dibuka tarian selamat datang 49 penari dari mahasiswa UM yang diiringi orkestra dan paduan suara mahasiswa.

Perhelatan yang digelar mulai 28 Juli 2017 itu mencatat sejarah baru selama penyelenggaraan MTQMN, yaitu dengan jumlah peserta terbanyak. Peserta berjumlah sekitar 3.000 peserta dari 251 perguruan tinggi di Indonesia. (NANANG)