Lapas Kelas III Parigi Berencana Gelar Pelatihan Antisipasi Kebakaran

oleh -43 Kali Dilihat

PARIMO – Lembaga Kemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) akan menggelar pelatihan untuk mengantisipasi kebakaran. Menyusul terjadinya kebakaran di Lapas Tangerang beberapa waktu lalu.

Pelatihan itu pakan melibatkan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Parimo untuk memberikan berbagai materi berkaitan dengan tindakan penyelamatan diri saat kebakaran.

Kepala Lapas Parigi, Muhammad Askari Utomo, mengatakan, tindakan pemberian pertolongan kepada orang lain atau Wabin, dan tata cara melakukan pemadaman api saat terjadinya kebakaran merupakan bagian bentuk pencegahan.

“Kami sedang melakukan koordinasi dengan Damkar. Kami jadwalkan, minggu depan pelaksanaannya bisa digelar,” ungkapnya dihubungi, Rabu ( 15/09).

Ia menuturkan, terkait peristiwa kebakaran di Lapas Tangerang akibat kosleting listrik, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) keseluruh kamar hunian Warga Binaan (Wabin).

Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak adanya instalasi jaringan listrik illegal yang dibuat oleh Wabin, sehingga terjadinya kosleting listrik dan penyebab kebakaran.

“Biasanya kan ada Wabin yang membuat alat pemanas, untuk memasakan air. Mereka asal sambung ke jaringan listrik, itu dikhawatirkan. Tapi, alhamdulilah tidak kami temukan saat Sidak kemarin,” jelasnya.

Ia menambahkan, peristiwa kebakaran terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang, pada Rabu 08 September dini hari. Mengakibatkan 46 orang dinyatakan tewas dan puluhan lainnya terluka dan sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

“Sebanyak 42 narapidana sebelumnya teridentifikasi sebagai narapidana kasus narkoba, satu orang narapidana kasus pembunuhan, satu orang napi terorisme,” tutupnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin