KPU Palu Berkomitmen Jaga Kualitas Pilkada di Tengah Covid-19

oleh -244 Kali Dilihat
Ketua KPU Palu, Agusalim saat membuka Rakor dan sosialisasi tahapan Pemilhan kepala daerah serentak Tahun 202, di salah satu hotel di Kota Palu,selasa (23/06) (FOTO : YAMIN).

PALU – Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kota Palu  melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi tahapan Pemilhan Gubernur, wakil Gubernur Sulawesi tengah (Sulteng)  dan Wali kota dan Wakil Wali Kota Palu Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu, selasa (23/06).

Mengawali sambutannya, Ketua KPU Kota Palu, Agusalim Wahid menyampaikan, melaksanakan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tengah wabah pandemi Covid-19 merubah suasana pertemuan-pertemuan sosialisasi atau koordinasi yang dilaksanakan KPU. Karena dilaksanakan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan Covid-19.

“Kami juga tak henti-hentinya melakukan koordinasi gugus tugas Covid-19, termasuk kegiatan ini yang pelaksanaannya dibolehkan, yang penting memenuhi standar protokol Covid-19, yakni melakukan pertemuan di ruangan dengan membatasi peserta 50 persen dari kapasitas ruangan yang ada, dan memakai masker,” ucapnya.

Agus menjelaskan, tahapan Pilkada kembali berjalan setelah terbitnya Perpu nomor 2 Tahun 2020 pasal a yang mengamanatkan pelaksanaan Pilkada serentak yang sebelumnya diagendakan tanggal 23 September menjadi 9 Desember 2020.

“Putusan politik telah diambil oleh komisi II, bersama penyelenggara Pemilu dan pemerintah, sehingga diputuskanlah 9 Desember 2020 ini,” jelasnya.

Kata dia,penyelenggaraan pemilihan serentak di tengah Covid-19, merupakan ujian demokratisasi. Karena  pelaksanaan tahapan berbeda dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya. Meski demikian, kualitas Pilkada harus tetap terjaga.

“Ini merupakan tantangan bagi semua pihak yang telah memutuskan dengan tepat, bahwa Pilkada ini berjalan dengan baik,”

Kemudian menurut Agus, kredibilitas penyelenggara juga dipertaruhkan. Karena harus memastikan bahwa partisipasi pemilih lebih baik dari sebelumnya, sehingga harus mampu meyakinkan kepada warga, agar tidak cemas saat datang di TPS.

“Pandemi Covid-19 ini merupakan tantangan untuk kita semua, partisipasi pemilih harus kita tingkatkan, minimal capaian di pemilihan legislatif kemarin yang mencapai 86 persen kita harus pertahankan. Saya kira ini tugas kita semua,termasuk partai politik untuk bersama-sama mendorong partisipasi ini agar lebih baik,” pintanya.

Sehingga, Agus berharap dalam kegiatan itu, semua pihak terkait untuk memberikan saran dan masukan kepada KPU dalam menjalankan tugas di tengah pandemi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan itu, seluruh stakehoulder terkait. Unsur Muspida, seleuruh komisioner KPU Palu, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua Gugus Tugas Covid-19, Bawaslu,dan Perwakilan partai politik. (YAMIN)