PALU – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) mencatat telah menerbitkan 1.403 paspor sepanjang Mei 2024.
Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan dibandingkan periode bulan sebelumnya.
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, mengungkapkan bahwa tingginya permintaan paspor tersebut didorong oleh beberapa faktor, di antaranya: meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata dan pendidikan ke luar negeri, kemudahan proses pengurusan paspor semakin transparan dan akuntabel, hingga karena faktor pelaksanaan ibadah haji 2024.
“Kemarin yang banyak itu Paspor bagi jemaah haji, dan tentunya karena faktor kebijakan pengurusan paspornya kian memudahkan masyarakat, ada program Eazy Passport, jangkauannya bisa ke pelosok wilayah juga, disamping layanan pembuatan paspor melalui online lewat aplikasi M-Paspor,” terang Hermansyah.
Bersama Kepala Divisi Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto, Hermansyah menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu dan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
“Komitmen kita bagaimana layanannya bisa cepat dan berakuntabel, tentunya tidak terlepas dari integritas dimiliki jajaran imigrasi, sehingga layanan paspor kian meningkat dan menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.
Adapun rincian penerbitan paspor di Kanwil Kemenkumham Sulteng selama Mei 2024, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu: Pembuatan paspor baru sebanyak 670 dan penggantian paspor sebanyak 387.
Sedangkan, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai: Pembuatan paspor baru sebanyak 236 dan penggantian paspor sebanyak 110.
“Kalau ditotal sebanyak 906 Paspor Baru, dan 497 Penggantian Paspor. Jadi, keseluruhan 1.403 ya,” urai Hermansyah, Kamis (6/6).
Meski begitu, Hermansyah mengajak kepada seluruh masyarakat terus mendukung suksesnya pelayanan keimigrasian di Sulteng, katanya, masyarakat dapat terbuka memberikan saran dan masukan kepada pihaknya.
“Kita terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam pengurusan paspor. Tentunya, saran dan masukan masyarakat kita perlukan sehingga tujuan kami menghadirkan dan meningkatkan kualitas layanan dapat terealisasi dengan baik,” tutup Hermansyah.
Reporter : **/IKRAM
Editor: NANANG