Kemenkumham Sulteng Galakkan Operasi Jagratara

oleh -

PALU – Hari Pertama Operasi Jagratara (Selalu Waspada) tahun 2024, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu kunjungi salah satu kawasan ekonomi khusus di Kota Palu yaitu PT. Hongthai Internasional. Kamis (2/5).

Kegiatan yang digelar serentak di seluruh Indonesia oleh Direktorat Jenderal Imigrasi tersebut bertujuan untuk mencegah pelanggaran keimigrasian dan memastikan penegakan hukum demi menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Tim Keimigrasian Kemenkumham Sulteng dan Kanim Palu yang dipimpin oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan, Baskoro Dwi Prabowo melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian terhadap karyawan asing PT HongThai International diketahui sebagai industri pengolahan getah karet.

“Ini kita lakukan serentak di seluruh Indonesia, dan dihari pertama ini kita menyambangi PT. Hongthai Internasional, kita lakukan pemeriksaan secara mendetail apakah semuanya telah tertib dan jauh dari pelanggaran keimigrasian,” kata Baskoro.

Lebih lanjut, Baskoro mengungkapkan guna menjaga kepatuhan terhadap regulasi imigrasi, pihaknya bersama manajemen PT. HongThai International sepakat untuk berkolaborasi secara intensif sebelum mengambil langkah-langkah terkait keimigrasian.

Sementara , Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, juga menekankan pentingnya penegakan hukum imigrasi untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Ia menambahkan bahwa operasi Jagratara yang berarti selalu waspada, merupakan program prioritas nasional tersebut bertujuan untuk mencegah pelanggaran keimigrasian dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi imigrasi berlaku.

“Operasi Jagratara Serentak tersebut, merupakan wujud komitmen Direktorat Jenderal Imigrasi dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara melalui penegakan hukum imigrasi efektif,” ujar Hermansyah Siregar.

Meski begitu, Hermansyah mengapresiasi kolaborasi telah dibangun bersama dengan PT HongThai International, ia meminta agar seluruh jajaran keimigrasian senantiasa teliti serta humanis dalam pengawasan dan pelayanan.

“Sangat baik tentu, kita semua mau agar kolaborasi baik tersebut terus dipupuk sehingga menghasilkan berbagai terobosan inovasi hingga prestasi tentunya berdampak bagi kemajuan bangsa kita,” pungkasnya.

Reporter : “”/IKRAM