Kemendagri Sosialisasi Pendaftaran Seleksi Calon Komisioner KPU dan Bawaslu

oleh -
Plt Direktur Organisasi Kemasyarakatan Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Risnandar Mahiwa. (FOTO : IST)

PALU – Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol&PUM) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri), melaksanakan Sosialisasi pendaftaran seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Masa Jabatan 2022-2027.

Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Gubernur Sulteng, Drs.Ma’mun Amir,   dilaksanakan di Salah satu hotel di Kota Palu, Jum’at (12/11).

Dikesempatan itu, Ma’mun Amir mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan wujud upaya pemerintah, guna memberikan pemahaman dan penguatan agar tercipta praktek berpolitik dan berdemokrasi yang cerdas dan santun.

“Melihat suksesnya Pemilu 2019 dan Pilkada serentak tahun 2020, maka saya melihat perlu dilakukan persiapan yang matang, utamanya dari unsur penyelenggara Pemilu, agar ivent Pemilu dan Pilkada serentak 2024 dapat menuai sukses yang sama,” katanya.

Ia pun menitipkan pesan, agar proses tahapan pelaksanaan dalam Pemilu dan Pilkada serentak 2024 dapat dikurangi dan diperbaiki, untuk mengurangi biaya dari penyelenggara. Agar hasilnya sesuai keinginan rakyat dan pemerintah.

Dikesempatan yang sama, Plt Direktur Organisasi Kemasyarakatan Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Risnandar Mahiwa menyampaikan harapannya, dalam pertemuan itu akan melahirkan komisioner-komisioner yang memiliki cara berpikirnya negarawan.

Kegiatan itu dihadiri Pj. Sekretaris Provinsi Sulteng, Para Kepala Badan Kesbangpol Se Sulteng, Karo Pemerintahan, Para Akademisi, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat. Sementara, narasumber yang dihadirkan dari Kemendagri dan Tenaga Praktisi. **