Kanwil Kemenkumham Sulteng Komitmen Tingkatkan Layanan Berbasis HAM

oleh -
Berlian Arta Uli Hutu Julu selaku Wakil Ketua Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia Sulawesi Tengah serta Magfiratul Adawiyah selaku Juru Bahasa Isyarat, saat beri pelatihan Bahasa Isyarat pada seluruh Duta Layanan diseluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajarannya di Sulawesi Tengah.Rabu (17/5). Foto : Dok: Humas Kemenkumham Sulteng

PALU- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) Prioritaskan Layanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (HAM), menggelar rapat evaluasi dan pelatihan bahasa isyarat pada jajarannya, Rabu (17/5).

“Adaptasi terhadap segala aspek layanan terus kita benahi dan saat ini. Sangat serius kami mengimbau dan berkomitmen bahwa di samping layanan cepat, tepat dan berkualitas. Layanan berbasis HAM pun menjadi prioritas kita semua. Saya minta seluruhnya bisa menjawab tantangan ini,” tegas Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Budi Argap Situngkir saat membuka kegiatan pelatihan Bahasa Isyarat pada Duta Layanan di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajarannya di Sulawesi Tengah.

Pelatihan itu pun menghadirkan dua orang narasumber yakni Berlian Arta Uli Hutu Julu, selaku Wakil Ketua Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia Sulawesi Tengah serta Magfiratul Adawiyah selaku Juru Bahasa Isyarat.

“Terima kasih telah menjadi bagian kami dalam meningkatkan pelayanan, kegiatan seperti ini terus kita lakukan bersama, mengingat setiap masyarakat berhak mendapat pelayanan prima secara setara dan semoga saja seluruh UPT di Sulawesi Tengah ini sukses menghadirkan dan meraih predikat layanan berbasis HAM,” ucap Budi dalam keterangan tertulis diterima MAL Online.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil turut didampingi oleh Kepala Bidang HAM, Mangatas Nadeak serta para pejabat Admnistrator dan pengawas di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng.

“Jadi, kami mau mengevaluasi proses penyempurnaan pelayanan berbasis HAM di setiap UPT. Hasil ini akan kami buat suatu pelaporan kepada pimpinan, tujuannya adalah percepatan pemenuhan hak layanan pada saudara-saudari kita yang membutuhkan layanan khusus. Sebagaimana instruksi pimpinan, layanan berbasis HAM adalah Prioritas kami semua,” jelas Kabid HAM Mangatas Nadeak.

Sementara itu, Berlian pun mengaku sangat bersyukur atas kepedulian jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam upaya menyukseskan pelayanan publik ramah kepada kelompok rentan. Ia berharap agar niat baik tersebut dapat terselenggara dengan baik.

“Terima kasih sudah begitu perhatian kepada para masyarakat kelompok rentan, ini sangat baik dan penting untuk kita sebagai bangsa besar. Semoga saja bisa berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” tutupnya.

Reporter: IKRAM/Editor: NANANG