PALU – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) kembali melakukan perombakan organisasi dengan melantik 25 pejabat baru, baik manajerial maupun non-manajerial, pada Kamis, 29 Agustus 2024.
Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Hermansyah Siregar, di Ruang Garuda, Palu.
Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor M.HH-30.KP.03.03 Tahun 2024, yang dikeluarkan pada 16 Agustus 2024. Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya Kemenkumham RI untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperkuat struktur organisasi.
Dalam sambutannya, Hermansyah Siregar mengatakan bahwa pelantikan tersebut diharapkan mampu memberikan semangat baru untuk mempercepat peningkatan kinerja dan prestasi Kanwil Kemenkumham Sulteng. Para pejabat dilantik berasal dari berbagai latar belakang dan ditugaskan di beberapa unit kerja penting.
Beberapa pejabat dilantik antara lain: Makmur, S.H., sebagai Kepala Lapas Kelas IIA Palu,Hasrudin, S.Sos., M.A.P., sebagai Kepala Bapas Kelas I Palu,Mohammad Kafi, S.H., M.H., sebagai Kepala LPKA Kelas II Palu.
Luther Toding Patandung, S.H., M.H., sebagai Kepala Lapas Kelas IIB Ampana, La Ode Muhamad Masrul, S.P., S.H., M.M., sebagai Kepala Bapas Kelas II Luwuk.
Udur Martionna, A.Md.IP., S.H sebagai Kepala Lapas Perempuan Kelas III Palu, I Made Sudiasa, S.H. sebagai Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Palu,Idris Pirade Paserang, S.Sos sebagai Kepals Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Palu,
I Made Budana, S.Sos. sebagai Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Sulteng, Galih Setiyono Nugroho, S.H. sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Leok, Andi Abdul Muis sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIB Luwuk,
Irpan Anwar, S.H. sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Lapas Kelas IIB Luwuk, Mohamad Yusuf, S.H. sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bapas Kelas I Palu, Surya Putra, S.Sos sebagai Kepala Seksi Bimbingan Klein Dewasa Bapas Kelas I Palu, Alimudin, S.A.P. sebagai Kepala Seksi Bimbingan Klein Anak Bapas Kelas I Palu,
Virga Indrawan, S.Tr.Pas. sebagai Kepala Sub Seksi Pelaporan dan Tata Tertib Lapas Kelas IIA Palu, Salmia, S.Sos sebagai Kepala Urusan Kepegawaian Bapas Kelas I Palu, Ni Made Vivi Nita Sari, S.H. sebagai Kepala Urusan Keuangan Bapas Kelas I Palu,
Novan sebagai Kepala Urusan Umum Bapas Kelas I Palu, Karjito, S.H sebagai Kepala Sub Seksi Registrasi Bimbingan Klien Dewasa Bapas Kelas I Palu, Natalia Elisya A.Kalangie, S.H. sebagai Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Klien Dewasa Bapas Kelas I Palu,
Slamet Aryadi, S.K.M. sebagai Kepala Sub Seksi Bimbingan Kerja Bimbingan Klien Dewasa Bapas Kelas I Palu,Vicktor Anthony, S.H. sebagai Kepala Sub Seksi Registrasi Bimbingan Klien Anak Bapas Kelas I Palu, Ria Patricia Tiurma Tampubolon, S.Psi sebagai Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Klien Anak Bapas Kelas I Palu, dan, Toar Enjel Tangkere, S.H. sebagai Kepala Sub Seksi Bimbingan Kerja Bimbingan Klien Anak Bapas Kelas I Palu.
Hermansyah menekankan pentingnya integritas, profesionalisme, dan kolaborasi dalam menjalankan tugas, terutama dalam meningkatkan kualitas layanan publik.
Ia berharap para pejabat dilantik dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja baru dan membawa perubahan positif. “Kolaborasi dan sinergitas antar jajaran sangat penting, kita harus ciptakan inovasi dan terus meningkatkan prestasi bersama-sama,”katanya.
Acara pelantikan tersebut, dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pengawas, serta Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Palu, Sigi, dan Donggala.
Hermansyah juga menekankan pentingnya kemitraan dengan berbagai pihak dan perbaikan kinerja berorientasi pada dampak positif bagi masyarakat.
“Kita harus memastikan bahwa kinerja kita dapat memberikan dampak besar bagi masyarakat. Segera lakukan perbaikan di area masih lemah, tingkatkan sudah baik, dan terus berinovasi,”kata Hermansyah.
Reporter :**/IKRAM