PALU– Dalam semangat memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkum Sulteng), Rakhmat Renaldy, mengajak seluruh jajaran untuk menjadikan momentum tersebut sebagai refleksi dan motivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Dengan optimisme tinggi, ia menegaskan komitmen instansi untuk menghadirkan layanan hukum tepat sasaran, berkualitas, dan memenuhi harapan masyarakat.
“Kisah Isra Mikraj memberikan pelajaran mendalam tentang pengabdian, tanggung jawab, dan integritas. Kami ingin semangat tersebut tercermin dalam setiap program dan layanan kami hadirkan kepada masyarakat,” ujar Rakhmat dalam keterangannya. Senin, (27/1).
Ia menggarisbawahi pentingnya pelayanan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Dan menekankan bahwa setiap unit kerja di lingkungan Kanwil Kemenkum Sulteng, mulai dari layanan administrasi hukum umum, peraturan perundang-undangan, pembinaan hukum hingga kekayaan intelektual harus mampu merespons dinamika kebutuhan masyarakat secara tepat dan profesional.
“Kami memahami bahwa masyarakat membutuhkan pelayanan tidak hanya cepat dan akurat, tetapi juga transparan dan akuntabel. Oleh karena itu, inovasi dan evaluasi terus kami lakukan untuk memastikan bahwa layanan kami berikan mampu memenuhi standar tersebut,” tambahnya.
Beberapa langkah strategis segera dilaksanakan mencakup penguatan layanan berbasis digital, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, serta pembentukan mekanisme evaluasi berbasis partisipasi publik.
Langkah tersebut sejalan dengan misi Kementerian Hukum dipimpin Supratman Andi Agtas untuk menciptakan pelayanan publik ramah teknologi dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.
Dalam refleksi keagamaannya, Rakhmat Renaldy mengajak seluruh jajaran untuk menjadikan nilai-nilai Isra Miraj, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keteguhan hati, sebagai pedoman dalam bekerja.
“Seperti halnya Isra Miraj mengajarkan kita tentang ketaatan dan kesungguhan, kami berharap seluruh pegawai mampu melayani masyarakat dengan semangat sama, yakni penuh dedikasi dan keikhlasan,” katanya.
Ia juga menambahkan bahwa kepercayaan masyarakat adalah fondasi utama bagi instansi pemerintah. Oleh karena itu, integritas setiap pegawai menjadi kunci dalam membangun citra positif lembaga di mata publik.
Ia juga menyampaikan harapan besar terhadap capaian Kanwil Kemenkum Sulteng di tahun 2025. Ia optimis bahwa dengan kerja keras, sinergi, dan inovasi, Kanwil Kemenkum Sulteng dapat menjadi contoh teladan dalam memberikan layanan hukum unggul dan profesional.
“Kami percaya, dengan kerja sama solid di internal dan dukungan masyarakat, Kanwil Kemenkum Sulteng dapat terus melangkah maju untuk menghadirkan layanan semakin baik. Mari kita jadikan tahun ini sebagai momentum untuk melampaui target dan membuktikan bahwa pemerintah hadir sebagai solusi bagi masyarakat,”katanya.
Reporter: ***/IKRAM