Kades Purwosari Minta Maaf Atas Lambatnya Penyaluran BLT-DD

oleh
Kades Purwosari, I Putu Eka Kembar Budianto menyerahkan bantuan BLT DD kepada warga, disaksikan Anggota DPRD Parimo, Babinsa dan Babinkamtibmas, di aula kantor desa, Kamis (21/05). (FOTO: MAWAN)

PARIMO – Pemerintah Desa Purwosari, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) kurang lebih Rp277 juta, bagi 154 kepala keluarga yang tersebar di empat dusun.

Menurut Kepala Desa (Kades) Purwosari, I Putu Eka Kembar Budianto, Kamis (21/05), pada tahap satu ini sebanyak kurang Rp92 juta BLT DD yang disalurkan kepada masyarakat secara tunai di kantor desa.

“Rp600 ribu tunai kami berikan kepada warga,” ungkapnya.

Ia menuturkan, 154 KK yang mendapatkan BLT DD Tahun 2020 sudah dilakukan verifikasi dan penjaringan oleh tim sehingga diyakini seluruh penerima bantuan tidak tercover dalam PKH serta BPNT.

Ia menjelaskan, untuk penerimaan PKH dan BPNT di Desa Purwosari sebanyak 145 KK, dan untuk BLT Bansos 162 KK.

“Kami seluruh aparat desa dibantu Babinkamtibmas serta Babinsa dan tim lainnya, mendata berdasarkan kelayakan masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Ia pun memohon maaf kepada warga Purwosari karena proses penyaluran BLT DD tahap satu mengalami keterlambatan sesuai batas waktu yang diberikan, yakni sebelum 24 Mei.

“Ini bukan sengaja, tapi murni karena proses. Memang kita lihat beberapa desa sudah melakukan penyaluran dan kami berusaha sebelum batas waktu yang ditentukan sudah tersalurkan,” jelasnya.

Ia berharap, masyarakat penerima BLT DD dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, apalagi ditengah pandemi COVID-19 yang berdampak pada seluruh sektor.

“Ini tahap satu, masih ada lagi dua tahap berikutnya. Semoga pengurusannya tidak mengalami kendala,” harapnya.

Dalam penyaluran BLT DD Desa Purwosari, turut dipantau anggota DPRD Parimo, I Putu Eddy Tangkas, Anggota Babinkamtibmas serta Babinsa. (MAWAN)