Ini Jadwal Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Terpilih Saat dan Usai Pelantikan

oleh

PALU – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng terpilih, Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir dijadwalkan akan dilantik tanggal 16 Juni 2021 mendatang. Pelantikan ini tentunya bersamaan dengan seluruh kepala daerah provinsi terpilih lainnya pada Pilkada 2020 lalu, yang dilantik langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Untuk persiapan itu Sekdaprov Sulteng menggelar rapat final cek bersama Instansi terkait dan pihak keluarga gubernur Sulteng terpilih, di ruang kerja Sekdaprov Sulteng, Rabu pagi tadi (9/6).

Rohani Mastura salah seorang perwakilan yang hadir mewakili keluarga gubernur terpilih mengatakan, dalam jadwal pelantikan belum ada pergeseran, pelantikan akan dilaksanakan tanggal 16 Juni mendatang di istana negara Jakarta, presiden RI Joko Widodo.

“Usai pelantikan tanggal 18 Juni mendatang rombongan gubernur dan wakil gubernur Sulteng tiba di Palu pagi pukul 07.00, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia,di bandara Sis Al-Jufri,” ujarnya.

Kemudian, rombongan gubernur disambut dengan adat oleh toko adat Sulteng dan pejabat tinggi Sulteng. Setelah itu gubernur Sulteng menuju kediamannya di Jalan Lagarutu.

Menurutnya, siangnya gubernur shalat Jum’at di Masjid Kantor Gubernur.

Lalu hari Senin tanggal 21 Juni 2021, Gubernur akan memimpin upacara bulanan bersama seluruh ASN, serahterima jabatan oleh gubernur Sulteng terpilih dan gubernur lama bertempat di gedung DPRD Sulteng. Kemudian nalam harinya pisah sambut atau ramah tamah di gedung Siranindi.

Besoknya, tanggal 22 Juni, rapat bersama Forkompinda Sulteng dan 23 Juni rapat bersama seluruh jajaran OPD di wilayah Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, Karo Administrasi Pimpinan Setda provinsi Sulteng, Eddy Lesnusa mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan khusus untuk ruang kerja gubernur dan wakil gubernur. Sampai saat ini belum ada rencana atau perintah untuk dipindahkan.

“Pada prinsipnya kami Pemerintah Provinsi sudah siap untuk menyambut kedatangan gubernur Sulteng baru. Dalam waktu dekat ini Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Wakil Gubernur Sulteng yang lama Rusli Baco Dg. Palabbi akan melakukan pembersihan ruang kerjanya barang-barang pribadinya akan sega/era mereka angkut,” ujar Edy Lesnusa.

Reporter: Irma/Editor: Nanang