IAIN Asah Keterampilan-Kepemimpinan 115 Peserta Bidikmisi

oleh
Ruchman Basori. FOTO: IST

PALU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, membina 115 mahasiswa semua jurusan dari tiga fakultas untuk meningkatkan keterampilan dan kepemimpinan bagi peserta penerima bantuan Biaya Pendidikan Miskin (Bidikmisi).

Pembinaan itu dilakukan lewat pelatihan soft skills personal dan leadership awareness mahasiswa (i) penerima Bidikmisi angkatan IV, mulai Jumat hingga Ahad (1-3/12).

“Kegiatan pembinaan keterampilan dan kesadaran kepemimpinan merupakan kegiatan khusus bagi penerima bantuan bidikmisi angkatan IV,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Palu, Dr Muhtadin Dg Mustafa.

IAIN Palu menggandeng Kementerian Agama RI yakni Seksi Kemahasiswaan Subdit Sarpras dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi Islam.

“Iya, Ruchman Basori merupakan salah satu pemateri dari Kementerian Agama yang hadir turut serta mengasah keterampilan penerima bidikmisi,” ujarnya.

Muhtadin mengatakan angkatan IV Bidikmisi merupakan mahasiswa tahun 2016 yang lulus seleksi dalam program Bidikmisi.

Sebelumnya, kata dia, 115 peserta tersebut yang saat ini duduk sebagai mahasiswa semester tiga di IAIN Palu, telah dibekali kecakapan berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris selama 4 hari pada tahun 2016.

Hal itu, kata dia sebagai bentuk untuk menunjang percepatan realisasi Visi IAIN Palu sebagai pusat kajian Islam klasik.

Sementara itu Kepala Seksi Kemahasiswaan Subdit Sarpras dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Ruchman Basori, menghimbau penerima bidikmisi manfaatkan kesempatan dengan baik.

Ia juga meminta agar prestasi akademik dan non-akademik harus lebih baik dari mahsiswa lain. “Harus berakhlak mukarimah, berdedikasih. Pelatihan ini agar ada bedanya antara penerima bidikmisi dengan bukan penerima bidikmisi,” tegasnya. (NANANG IP)

Iklan-Paramitha