HUT Morowali Ke-23, DPRD Bersama Pemkab Gelar Rapat Paripurna

oleh -

MOROWALI – Pemerintah Kabupaten Morowali merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -23, dalam momentum tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali menggelar Rapat Paripurna Istimewa, di Gedung Serbaguna Matano, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Ahad (04/12) pukul 20.30 Wita.

Rapat Paripurna tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Morowali ke-23 yang mengusung tema “23 Tahun Lebih Sejahtera Bersama Morowali”.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Morowali turut hadir Bupati Morowali, Wakil Bupati Morowali, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, unsur Forkopimda Morowali, Wakil Ketua I DPRD Morowali, para anggota dewan, pejabat teras Pemerintah Kabupaten Morowali, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan serta sejumlah insan pers.

Ketua DPRD, Kuswandi dalam mengawali pidatonya menyampaikan, ” Terima Kasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada semua pihak dan juga masyarakat Morowali yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di Bumi Tepe Asa Maroso

“Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam 23 Tahun Lebih Sejahtera Bersama Morowali sesuai dengan potensi dan profesi kita, sehingga tema tersebut tidak hanya indah dalam p tataran kognisi dan retorika, tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata”, tutur Kuswandi

Dikatakan Kuswandi untuk pelaksanaan HUT Morowali Tahun 2022 pada akhir periodesasi Pemerintahan Tahajud, DPRD Morowali menyampaikan terimakasih kepada pemerintahan Taslim dan Najamudin yang telah membawa kesejahteraan bagi masyarakat Morowali, menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran serta pembangunan infrastruktur nampak untuk menata Morowali seutuhnya.

Kuswandi menjelaskan, dalam kurun waktu empat (4) tahun perjalanan Pemerintahan Tahajud, Morowali telah banyak mengalami kemajuan. Meski demikian, sistem pengelolaan pemerintahan harus terus dipacu agar semakin responsif, inovatif dan berkelanjutan dalam upaya memaksimalkan berbagai potensi keunggulan daerah.

“Dengan meningkatkan pengelolaan potensi yang kita miliki secara profesional serta dengan memaksimalkan kontribusi dan peran semua stakeholders, didukung manajemen pemerintahan yang efisien dan kepemimpinan yang kuat, maka DPRD Morowali sangat optimis akselerasi laju pembangunan pada semua sektor dapat ditingkatkan”, jelas Kuswandi.

Kuswandi berharap semoga Kabupaten Morowali semakin berjaya, mandiri dan sejahtera serta terus berbenah dalam menghadapi setiap tantangan kedepannya.

“Dirgahayu Kabupaten Morowali ke-23, semoga di usianya yang sudah dewasa, akan lebih berbenah diri menghadapi tantangan di masa yang akan datang”, ujarnya

Sementara itu, Bupati Morowali, Drs. Taslim dalam sambutannya menyampaikan, bahwa perayaan HUT Morowali bukan sekadar seremonial belaka, namun sebagai momentum untuk mengenang lembaran sejarah Kabupaten Morowali. Dimana terpampang berbagai keberhasilan sekaligus terbentang sejumlah tantangan dan persoalan yang harus menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen masyarakat.

Taslim mengungkapkan indikator yang menunjukan Kabupaten Morowali telah mengalami percapaian di berbagai sektor. Menurut Taslim, capaian pembangunan tidak terlepas dari dukungan Sumber Daya Alam (SDA) Morowali dan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang terus dikembangkan melalui upaya Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kesejahteraan yang termaktub dalam RPJMD Kabupaten Morowali.

“Capaian pembangunan tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan yang telah kami laksanakan berdasarkan misi yang tertuang dalam RPJMD 2019 hingga 2023”, tuturnya.

Menutup sambutannya, pada momentum hari jadi Kabupaten Morowali, Taslim mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk memantapkan kebersamaan dan kerja keras dalam mengatasi setiap hambatan yang akan dihadapi di masa mendatang.

Bupati juga berharap kepada seluruh elemen untuk mendukung dan mengawasi segala kebijakan pemerintah dengan memberi masukan, ide dan gagasan demi kemajuan Morowali.

Rapat dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Rapat Paripurna Istimewa tentang Hari Jadi Kabupaten Morowali ke-23 Tahun 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai syukuran hari jadi Kabupaten Morowali sekaligus simbol atas sinergitas yang terbangun dengan baik antara DPRD Morowali dengan Pemkab Morowali yang ditandai dengan saling menyuapi nasi tumpeng ketua DPRD Kepada Wakil Bupati, sementara Bupati Kepada Wakil Ketua I DPRD Morowali. (Harits)