Hasanah Mart Hadir di Balaroa, Dikelola KUBE

oleh
Foto bersama usai Louching Hasanah Mart Balaroa. (FOTO: IRMA)

PALU- Hasanah Mart, hadir di Kota Palu. Hasanah Mart yang terletak di Balaroa di Jalan Bayam Pasar Inpres ini, telah dilaunching Kamis siang tadi (8/4).

Program dari kerjasama dari Yayasan Hasanah Titik, Inisiatif Zakat Indonesi (IZI), dan Bank Syariah Indonesia (BSI) ini, dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Balaroa.

Acara launching ini juga dirangkaikan dengan Belanja Bareng Mustahik, bersama 280 penerima manfaat.

Kepala Dinas Sosial Romi Sandi Agung yang mewakili Wali Kota Palu, mengharapkan, para KUBE ini diharapkan dapat saling menyatu dan saling peduli satu sama lainnya.

“Melalui KUBE para komunitas dan saling peduli satu sama lain, dalam memecahkan permasalahan-permasalahan, termasuk dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Tolong menolong dengan warga sekitarnya dari sisi ekonomi. Melalui Kube, anggota diarahkan untuk memenuhi penghasilan yang tetap layak dan berkelanjutan, memiliki aset serta terpenuhi kebutuhan dasar dan aksebilitas terhadap pelayanan sosial,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini semua KUBE sudah harus menentukan sendiri, jenis bantuan yang dibutuhkan, sesuai dengan jenis usaha masing-masing, dibantu oleh Lurah dan pendamping KUBE di lapangan.

Sementara, Direktur Penggunaan IZI Nana Sudiana mengatakan, Lembaga Amil Zakat Nasional, merupakan bagian penting penguatan ekonomi kecil masyarakat, khususnya di Kota Palu.

Sementara, konsep Hasanah Mart Balaroa ini merupakan Kelompok Usaha Bersama, yang anggotanya berjumlah 15 orang.

“Anggota 15 orang ini memiliki usaha masing-masing di rumah dikelola dan untuk Hasanah Mart, menjadi penguat para anggotanya, atau Hasanah Mart ini menjadi grosir bagi anggotanya. Saya harapkan semoga anggotanya lebih banyak lagi,” ujar Nana Sudiana.

Nana Sudiana mengatakan, jika anggotanya lebih banyak lagi, maka bisa memperkuat perekonomian masyarakat. Apalagi di tengah pandemik saat ini.

Rep: Irma/Ed: Nanang