Gebyar Prolanis Serentak BPJS Kesehatan Cabang Palu

oleh
Kegiatan pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta Prolanis. (Dok. BPJS Kesehatan cabang Palu)

Palu – Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan cabang Palu menggelar kegiatan Gebyar Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) serentak diseluruh kantor layanan operasional kabupaten dan kota (KLOK) yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, Poso, Parigi Moutong, Buol, Tolitoli dan Sigi, Sabtu (20/5).

Juru Bicara BPJS Kesehatan cabang Palu, Sopo Ivandi Pangabean mengatakan sejumlah rangkaian kegiatan dilaksanakan seperti senam Prolanis, edukasi kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta Prolanis, lomba cerdas cermat antar klub Prolanis, Best Practice Sharing, serta beragam kegiatan menarik lainnya.

Kata dia, Prolanis merupakan sistem  pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan. Itu dilakukan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

 

Menurut dia, Prolanis bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75 persen, peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama.

Pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai panduan klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Iklan-Paramitha