PALU- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu mencatat realisasi penerimaan pajak hingga 31 Desember 2022 sebesar Rp1,94 triliun. Capaian ini lebih besar 125,36 persen, dari target penerimaan pajak dibebankan sebesar Rp1,55 triliun.
Realisasi pencapaian penerimaan pajak 2022 ini mengalami pertumbuhan sebesar 32,29 persen dari realisasi penerimaan pajak 2021. Dan pencapaian ini keempat kalinya bagi KPP Pratama Palu.
Kepala KPP Pratama Palu Bangun Nur Cahya Kurniawan mengatakan, pencapaian penerimaan pajak KPP Pratama Palu lebih dari 100 persen ini sebagian besar berasal dari lima sektor usaha diantaranya, perdagangan besar dan eceran ,reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor penerimaan Rp676,94 miliar, peranan 34,80 persen,administrasi pemerintahan dan jaminan sosial wajib Rp565,54 persen, peranan 29,07 persen, jasa keuangan dan asuransi Rp203,61 miliar, peranan 10,47 persen, konstruksi Rp118,38 miliar, peranan 6,09 persen, kegiatan jasa lainnya Rp87,52 miliar peranan 4,50 persen.
Selain tercapainya penerimaan pajak 2022 kata dia,KPP Pratama Palu berhasil mencapai target tingkat kepatuhan penyampaian surat pemberitahuan (SPT) tahunan tahun pajak 2022 sebanyak 75.308 SPT atau sebesar 113,59 persen dari sebesar 66,297 SPT.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada wajib pajak telah memenuhi kewajiban perpajakannya. Terima kasih juga kepada seluruh pihak telah mendukung kinerja KPP Pratama Palu secara langsung maupun tidak langsung,termasuk jajaran pemerintah daerah, perwakilan daerah,asosiasi-asosiasi usaha, pihak perbankan dalam mencapai target penerimaan ditetapkan,” ujarnya dalam acara media gathering berlangsung di Kantor KPP Pratama Palu, Kamis (12/1).
Ia mengatakan, tahun 2022 ini merupakan tahun prestasi bagi KPP Pratama Palu, karena berbagai prestasi diraih diantaranya predikat zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (ZI- WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan penghargaan unit penyelenggara pelayanan publik kategori pelayanan prima lingkup Kementerian/Lembaga khusus 2022 dalam program pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik (PEKPPP) tahun 2022 diselenggarakan oleh KemenPANRB.
“Penghargaan diperoleh tersebut diharapakan dapat menjadi semangat dan motivasi semua pihak untuk tetap menjunjung tinggi integritas dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak, serta meningkatkan kualitas pelayanan di KPP Pratama Palu,” pungkasnya.
Reporter: IKRAM
Editor: NANANG