Dorong Partisipasi Pemilih, KPU Palu Laksanakan Lomba Lukis Mural

oleh -223 Kali Dilihat
Suasana pembukaan lomba lukis mural dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 yang dilaksanakan KPU Kota Palu, di Universitas Alkhairaat, Ahad (16/08) (FOTO : IST).

PALU – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Azis meminta agar partisipasi pemilih pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Palu, kabupaten hingga provinsi di Sulawesi Tengah (Sulteng) tetap tinggi meski di masa pandemi Covid-19.

“Partisipasi pemilih harus tetap tinggi, apalagi partisipasi pemilih pada Pilkada di tingkat Kota Palu dan Provinsi Sulteng lima tahun lalu merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia,” ucap Viryan saat membuka lomba lukis mural dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 yang dilaksanakan KPU Kota Palu, di Universitas Alkhairaat, Ahad (16/08).

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Viryan menyampaikan kepada penyelenggara untuk mengadakan berbagai kegiatan alternatif  yang inovatif, dengan melibatkan berbagai kalangan termasuk kalangan milenial. Kemudian harus mengviralkannya, dengan tujuan mesosialisasikan dan mengkampanyekan.

“Saya yakin cara tersebut efektif menjaga, bahkan meningkatkan  partisipasi pemilih di tengah pandemi Covid -19. Meski demikian, sosialisasi dan kampanye ajakan partisipasi kepada masyarakat harus berisi dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid -19 saat masyarakat mengunakan hak pilihnya nanti,” pesannya.

Kata dia, kegiatan inovatif yang yang dimaksud salah satunya adalah melaksanakan ajang seperti lomba mural yang telah diadakan KPU Palu itu.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid menyebut lomba mural yang diadakan KPU Palu tersebut, merupakan bentuk sosialisasi dan ajakan kepada pemilih di ibu kota Provinsi Sulteng itu, agar masyarakat tidak golput saat Pilkada Desember mendatang.

“Saya mengajak warga Kota Palu untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 nanti, karena pilihan anda akan menentukan nasib Kota Palu di bawah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng terpilih lima tahun ke depan,” tandasnya. (YAMIN)