Donor Darah Jelang HUT ke-52, Basarnas Palu Targetkan 52 Kantong Darah

oleh -
Jalannya kegiatan donor darah di Kantor Basarnas Palu, Kamis (22/02). (FOTO: media.alkhairaat.id/Rifay)

PALU – Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Palu, menggelar aksi sosial donor darah, di halaman kantor setempat, Kamis (22/02).

Aksi donor darah ini sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke-52 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP)/Basarnas yang jatuh setiap tanggal 28 Februari.

Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga, Kantor Basarnas Palu, Rusmadi, mengatakan, pada pelaksanaan donor darah kali ini, pihaknya menargetkan sebanyak 52 kantong darah sesuai dengan usia Basarnas yang ke-52 tahun.

Untuk memenuhi target tersebut, kata dia, sasaran pendonor sebanyak 64 peserta dari 15 instansi, ditambah dengan pegawasi Kantor Basarnas Palu beserta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Basarnas Palu sekitar 70 orang.

“Kita berharap dalam perjalanannya, donor ini terpenuhi target sebanyak 52 kantong kantong yang tersedia,” harapnya.

Selain donor darah, lanjut dia, kegiatan menjelang HUT ke-52 Basarnas juga akan diisi dengan bakti sosial berupa pemberian santunan ke sejumlah panti asuhan.

Foto bersama usai pembukaan kegiatan donor darah di halaman Kantor Basarnas Palu, Kamis (22/02). (FOTO: media.alkhairaat.id/Rifay)

Sementara itu, Kepala Basarnas Pusat, Marsdya TNI Kusworo, saat membuka kegiatan, via zoom meeting, menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang menjadi peserta donor darah.

“Saya bangga dan bersyukur bisa berdiri di tempat ini, di hadapan bapak-ibu semua, untuk bersama-sama memberikan bantuan kepada sesama melalui sumbangsih darah kita,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan donor darah ini merupakan simbol kepedulian dan keberanian untuk berbagi. Donor darah, lanjut dia, merupakan tindakan mulia yang sederhana, namun berdampak luar biasa.

“Setiap tetes darah yang bapak-ibu sumbangkan pada hari ini sangat berarti untuk kehidupan saudara-saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Menurutnya, darah yang terkumpul dari kegiatan ini, memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa, memberikan harapan kepada mereka yang sedang berjuang melawan penyakit, pemulihan kesehatan, atau menghadapi keadaan darurat.

“Semoga, semangat gotong royong dan kepedulian yang kita tunjukkan hari ini dapat menjadi contoh bagi kita semua dalam membangun masyarakat yang lebih peduli dan saling membantu,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini akan membawa kebaikan, kekompakan di internal Basarnas, dan menjadi motivasi lebih dalam melaksanakan tugas-tugas di masa yang akan datang.

“Semoga, apa yang kita laksanakan hari ini menjadi catatan kebaikan bagi kita semua,” imbuhnya. RIFAY