Diskominfo dan OPD di Sigi Serahkan Zakat ke BAZNAS

oleh -
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sigi, , Safriansyah H. Ali menyerahkan zakat dari dinasnya melalui BAZNAS Sigi, di Kantor Bupati Sigi, Rabu (27/4). FOTO: IST

SIGI, – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sigi, melalui Kepala Dinas, Safriansyah H. Ali dan bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemda Sigi menyerahkan secara langsung zakat kepada pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sigi, yang diterima langsung Ketua BAZNAS Sigi, As’ad Syukur yang disaksikan Bupati, Mohamad Irwan didampingi Asisten I Setda Kab. Sigi, Andi Ilham.

Sebelumnya, pihak BAZNAS Sigi menerima penyerahan Zakat dari Bupati Sigi Mohamad Irwan beserta para jajarannya dalam acara penyerahan zakat mal, zakat fitrah, Infaq, Sadaqah, yang dirangkaikan penyerahan bantuan mustahik UMKM dan Zakat Fitrah Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dengan mengangkat tema sesuai instruksi Pemerintah Pusat yakni “Nusantara Cinta Zakat”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Sigi, As’ad Syukur, para Kepala OPD Sigi diantarannya Diskominfo, Disnakeswan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas PM-PTSP, Dinas Kesehatan, Dinas P3A (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), BPBD, serta perwakilan masyarakat penerima zakat. Kegiatan ini pun berlangsung di ruang rapat Bupati Sigi, Rabu (27/04).

Diketahui tema yang di angkat “Nusantara Cinta Zakat” sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo yang menghimbau kepada seluruh Pejabat Negara, Pejabat BUMN, seluruh Perusahaan Swasta dan seluruh Kepala Daerah beserta jajarannya, untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui BAZNAS.

Bupati Sigi, Mohamad Irwan mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, dirinya mengapresiasi dan berterima kasih kepada BAZNAS Kabupaten Sigi yang dibentuk dengan tujuan, mengangkat dan mentoring para dhuafa untuk diberdayakan dan diangkat derajatnya sesuai Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Sigi yakni Program Sigi Masagena dan Sigi Religi.

Terkait dengan ini, kata Bupati, program-program yang didorong melalui Sigi Masagena, banyak terbantu melalui BAZNAS yang didorong kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah, salah satunya penerimaan Zakat Fitrah, Zakat Mal, Infaq dan Sadaqah.

Kepada semua Pimpinan OPD, agar bisa menyisipkan sebagian hartany (penghasilannya), imbau Bupati Mohamad Irwan yang disaksikan awak media.

Bupati Mohamad Irwan pun berharap, penyaluran Zakat Fitrah tersebut, benar-benar dilaksanakan dengan baik dan disalurkan secara tepat. Selain itu, Bupati juga berharap bantuan ini mampu menyokong kehidupan masyarakat kurang mampu sebagai penerimanya.

Ketua BAZNAS Kab. Sigi, As’ad Syukur saat diwawancarai mengungkapkan, BAZNAS Sigi sebagai bagian dari program Nasional yang telah dicanangkan oleh BAZNAS Pusat dan telah dilakukan oleh bapak Presiden RI melalui tema diatas,

“Alhamdulillah kita dari Kabupaten Sigi mengambil bagian untuk melakukan langkah-langkah konkrit dalam rangka memasyarakatkan BAZNAS. Olehnya itu, ada himbauan yang telah disampaikan dan Alhamdulillah hari ini bapak Bupati mendengar bersama-sama melalui beberapa laporan yang kami sampaikan,” tandas As’ad Syukur.

“Intinya semua ini kita jalankan sesuai dengan Sigi Masagena dan Program Sigi Religi,” tutupnya.

Di kesempatan tersebut, Bupati Mohamad Irwan menyerahkan secara simbolis bantuan Mustahik UMKM dan Zakat Fitrah kepada yang berhak menerima, yang disaksikan para kepala OPD, pihak BAZNAS Sigi dan Tim Publikasi Media.

Reporter: Hady
Editor: Nanang