SIGI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sigi melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pelayanan administrasi kependudukan di tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT), Selasa (30/07).
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa layanan administrasi kependudukan (adminduk) berjalan optimal dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
Kegiatan monev ini dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas, Mohamad Riyadh bersama Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data, Edy Syupratman.
Tim tersebut mengunjungi tiga UPT Disdukcapil yang terletak di Kecamatan Sigi Biromaru, Kecamatan Kinovaro, dan Kecamatan Marawola.
UPT Disdukcapil Kecamatan Sigi Biromaru memiliki tanggung jawab melayani masyarakat di Kecamatan Sigi Biromaru dan Kecamatan Sigi Kota. Sementara UPT Disdukcapil Kecamatan Kinovaro melayani masyarakat yang berada di Kecamatan Kinovaro dan Kecamatan Marawola Barat. Sedangkan UPT Disdukcapil Kecamatan Marawola melayani masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Marawola.
Pria yang juga menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sigi itu, menyatakan bahwa kegiatan monev ini bertujuan untuk menilai kinerja UPT dalam memberikan layanan adminduk, serta mengidentifikasi permasalahan yang mungkin dihadapi oleh masyarakat dalam proses administrasi kependudukan.
Selain itu, monev ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan bahwa setiap warga negara mendapatkan hak-hak administrasi kependudukan secara tepat dan efisien.
“Dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi ini, diharapkan setiap UPT dapat meningkatkan kinerjanya sehingga pelayanan adminduk bagi masyarakat semakin baik dan terjamin,” ujar Riyadh.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan publik demi kenyamanan dan kepuasan masyarakat. Monitoring dan evaluasi ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen tersebut.
Reporter : Hady
Editor : Yamin