Dinas Koperasi dan UMKM Banggai Gelar Pelatihan Pengelolaan dan Pengawasan Ikan

oleh -
Suasana pembukaan pelarihan Pengolaan dan Pengemasan Ikan, di Salah satu hotel di Kota Luwuk, Kamis (18/11). (FOTO : dok Diskominfo)

BANGGAI – Pemerintah Kabupaten Banggai, melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggelar pelatihan pengelolaan ikan dan pengemasan, di Salah satu hotel di Kota Luwuk, Kamis (18/11).

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pelatihan penguatan kelembagaan dan manajemen bagi pengurus koperasi dan pengawas, dan dibuka oleh Sekretaris kabupaten (Sekab) Ir Abdullah Ali.

Dikesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi, Ernaini Mustatim menyampaikan, alasan dilaksanakan pelatihan pengolahan ikan, dikarenakan Kabupaten Banggai memiliki potensi ikan yang luar biasa. Sehingga diharapkan pemasarannya terlaksana dengan baik.

“Kenapa ikan?, karena kami tau ikan memilki potensi luar biasa,” tuturnya.

Sekab Banggai, Abdullah Ali yang membacakan sambutan bupati mengatakan, Kabupaten Banggai memiliki potensi perikanan cukup besar, karena Kecamatan di Kabupaten Banggai didominasi wilayah pesisir. Sehingga suplai ikan, baik ikan hasil tangkapan budidaya dan produk olahan perikanan cukup besar.

“Besarnya potensi yang dimiliki tidak akan mencapai maksimal jika tidak diimbangi dengan pelatihan dan pendampingan mengenai teknik pengolaan produk perikanan, serta desain kemasan yang baik dan benar. Teknik pengolaan yang baik dan benar tentu saja akan mempengaruhi terhadap respon pasar,” terangnya.

Di akhir kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta pelatihan, oleh Sekab Banggai dan Kadis Koperasi.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri, Kadis Ketapang, Rudi PK Bullah, dan Narasumber Direktur D&D Indonesia Jakarta, Delli Gunarsa, dan Maria Mahdalena, serta undangan dari Provinsi Sulteng, Aminah,  dan seluruh peserta pelatihan. (YAMIN)