CSR PT. CPM akan Diarahkan untuk Pembentukan Kampung Makmur

oleh
Staf Program Bakrie Amanah, Edo Hendra (kedua dari kanan) dan Kepala Teknik Tambang (KKT) PT CPM, Abdul Haris Yusuf, usai menandatangani MoU Program Beasiswa Tangguh, di Ruang Banua 1, PT CPM, Kamis (10/06). (FOTO: RIFAY)

PALU – Bakrie Amanah dan PT Citra Palu Minerals (CPM) baru saja menandatangani MoU Program Beasiswa Tangguh untuk mahasiswa di sekitar area tambang PT CPM, Kamis (10/06).

Menurut Kepala Teknik Tambang PT CPM, Abdul Haris Yusuf, kegiatan ini adalah salah satu implementasi pengembangan CSR PT CPM. Pada dasarnya, kata dia, ada enam pilar yang difokuskan oleh perusahaan dalam penyaluran CSR.

“Saat ini yang sedang kita lakukan adalah pada pilar pendidikan yaitu dengan pemberian beasiswa tangguh kepada mahasiswa. Tidak menutup kemungkinan nantinya akan kita kembangkan ke jenjang pendidikan yang lain, baik itu S2, S3 ataupun pada jenjang SMP dan SMA,” ujarnya.

Haris menambahkan, CSR PT CPM sendiri juga diarahkan untuk pemberdayaan ekomomi masyarakat, sehingga diharapkan bisa diarahkan pada terbentuknya Kampung Makmur, yaitu kampung yang terintegrasi dan bisa mandiri secara ekonomi, sebagaimana yang telah diinisiasi Bakrie Amanah di Donggala dan Lombok.

“Kami tentu memerlukan kerja sama yang lebih dengan Bakrie Amanah yang sudah berpengalaman membangun komunitas kampung terintegritas dan mudah-mudahan dalam waktu dekat akan kita implementasikan,” katanya.

Namun, kata dia, semua kegiatan operasional PT CPM juga membutuhkan dukungan dari semua stakeholder, baik dari masyarakat, pemerintah dan pihak perusahaan sendiri.

“Begitu kita bersinergi dengan masyarakat, Insya Allah berkah tambang ini bisa dinikmati untuk kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Kaitannya dengan program beasiswa tangguh, saat ini pihak PT CPM sudah bekerja sama dengan Universitas Tadulako (Untad). Setelah ini, lanjut dia, kemungkinan juga akan menjejaki kerja sama dengan perguruan tinggi yang lain.

“Di tahap ini kita mulai dengan tiga orang mahasiswa dulu dengan skala prioritas kurang mampu. Kita berikan beasiswa semoga mereka bisa berhasil menyelesaikan studinya nantinya akan kita kembangkan dan bisa bergabung dengan perusahaan kita. Jadi secara berkelanjutan tetap akan kita lakukan,” tutupnya.

Sementara itu, Staf Program Bakrie Amanah, Edo Hendra, menjelaskan, untuk tahap ini, penerima beasiswa adalah mereka yang ada di semester III dan semester VI.

Sejauh ini, kata dia, yang sudah mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini, khususnya yang di ring I perusahaan CPM tercatat sebanyak 30 orang dan terseleksi 10 orang yang sedang mengikuti seleksi tahap kedua untuk ditentukan lagi menjadi tiga orang calon penerima.

“Jadi penerima beasiswa ini sampai mereka tamat. Jadi selain kita bantu dengan pembiayaan, juga ada pembinaan dan pendampingan,” singkatnya. (RIFAY)